Seni & Budaya

Pelayaran Gabriela Fernandez Menembus Diri dan Jiwa

Oleh : Trida Ch Dachriza / Selasa, 08 Juni 2021 13:00
Pelayaran Gabriela Fernandez Menembus Diri dan Jiwa
Beberapa karya Gabriela Fernandez yang dipamerkan di "Sailing, Home" di ViaVia Yogya-Gudegnet/Trida

Gudeg.net—Rumah bagi kebanyakan orang adalah bangunan ke mana mereka pulang, atau orang tempat mereka pulang. Bagi Gabriela Fernandez, rumah adalah perjalanan.

Melalui kaya-karyanya dalam pameran tunggal perdananya, “Sailing, Home”, Gebbi, begitu biasanya ia dipanggil, menggabungkan tiga dunianya di atas kanvas. Pameran ini juga bersamaan dengan peluncuran single kelimanya, “On a Sail Boat Beneath The Sky”.

“Jadi, keseluruhan konsep ini adalah bagaimana menggabungkan tiga duniaku yang awalnya terpisah-pisah. Aku lulusan S-1 Psikologi Sanata Dharma, terus aku kemudian berkarya di dunia musik, sekarang merambah ke dunia lukis. Itu jadinya ketemu titik tengahnya di sini,” cerita Gebbi saat berbincang dengan Gudegnet di area pameran, ViaVia Yogya, pekan lalu.

Gabriela Fernandez

Rangkaian lukisan yang ia pamerkan ini merupakan karya dari tahun 2018-2021. Karyanya banyak bicara tentang kesehatan mental.

Ia mulai menyadari bahwa mental health awareness adalah hal yang penting untuk dia bicarakan kepada pendengarnya, terutama setelah ia sempat depresi di tahun 2020 lalu.

Salah satu rangkaian karyanya merupakan urutan minggu pertama hingga keenam kunjungannya ke psikolog.

“Setiap hari aku diminta untuk menggambarkan emosiku, apapun yang muncul, kemudian direfleksikan di baliknya. Jadi, ini adalah secuplik dari apa yang aku lakukan,” ceritanya lagi.

Gabriela Fernandez

Ia ingin mematahkan anggapan orang awam mengenai orang-orang yang berkecimpung di dunia psikologi, public figure, ataupun orang panggung yang harus ‘sempurna’ dan ‘baik-baik saja’.

Selama karirnya, ia merasa hanya menunjukkan satu sisi saja, seperti boneka, setiap hari membangun persona yang ceria. Momen selepasnya ia dari terapi menjadi momen di mana ia merasa harus bicara.

Gabriela Fernandez

“Sekalian aku bisa lebih tenang, bisa lebih jujur sama diri. Jadi sekalian aku ungkapkan lewat pameran,” kata Gebbi.

Karena hal ini lah, pameran ini memiliki banyak acara rangkaian yang mengikuti pameran, yang berhubungan dengan kesadaran kesehatan mental. Gebbi pun rajin membuat siniar (podcast) mengenai kesehatan mental.

Untuk penutupan pameran, ia mengadakan workshop bertajuk “Painting to Music”. Workshop ini mengenai well being dengan menggunakan media seni sebagai penyaluran.

Kebanyakan karyanya merupakan respon terhadap musiknya. “Lukisan-lukisan ini bagian dari perjalananku ke dalam diri. Jadi, antara lagu dan lukisan saling berkesinambungan,” ungkap dara asal Flores, NTT ini.

Gabriela Fernandez

Keseluruhan pameran ini merupakan kisah intim mengenai perjalanan Gebbi yang bergelut dengan kesehatan mentalnya, bagaimana dia mengatasinya, hingga akhirnya dia berani membuka diri dan mengadvokasi isu kesehatan mental.

Pameran ini dapat disimak di ViaVia Yogyakarta, Jalan Prawirotaman No.30, Brontokusuman, Kec. Mergangsan, Kota Yogyakarta, setiap hari hingga tanggal 11 Juni 2021 mendatang.

0 Komentar

    Kirim Komentar

    jogjastreamers

    SWARAGAMA 101.7 FM

    SWARAGAMA 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM



    SOLORADIO 92,9 FM

    SOLORADIO 92,9 FM

    Soloradio 92,9 FM SOLO


    GERONIMO 106,1 FM

    GERONIMO 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini