Tips Hari Ini

Cara Agar Percaya Diri Berbahasa Inggris

Oleh : Trida Ch Dachriza / Rabu, 24 Maret 2021 23:00
Cara Agar Percaya Diri Berbahasa Inggris
Ilustrasi berbincang/www.canva.com

Gudeg.net—Bahasa Inggris sedikit mirip dengan matematika, sering menjadi momok untuk pelajar dan orang Indonesia. Padahal, belajar bahasa Inggris sebenarnya tidak serumit itu.

Hal yang paling utama saat mempelajari bahasa adalah sering latihan dan percaya diri. Ikuti tips dari The British Council berikut agar bahasa Inggris kita semakin cas cis cus.

#1 Dengarkan lalu ulangi (Listen and repeat)
Jika memiliki film, serial televisi, atau bahkan kanal Youtube berbahasa Inggris favorit, selalu nyalakan suaranya. Dengarkan apa yang diucapkan oleh pembawa acara.

Jika perlu, hentikan sementara atau putar kembali bagian yang tidak sepenuhnya tertangkap kuping. Jika ada teks berbahasa inggris, selalu nyalakan. Cara ini akan melatih pendengaran dan pengucapan dengan cara yang menyenangkan dan menghibur.

#2 Cari teman (Find a friend)
Kadang sulit berlatih sendirian, terutama jika harus melakukan improvisasi agar lebih lancar bercakap-cakap. Carilah teman dengan tujuan serupa. Kalian dapat saling membantu agar lebih percaya diri saat bercakap-cakap.

#3 Baca dengan keras (Read out loud)
Apapun bacaan favorit, pastikan ada versi bahasa inggrisnya. Habiskan 30 menit untuk membacanya, lalu 30 menit lagi untuk membacanya keras-keras.

Cara ini cukup mujarab untuk membangun kemampuan membaca dan melatih pengucapan sekaligus intonasinya. Jika tidak tahu cara mengucapkan sebuah kata, bukalah kamus, Google, atau YouTube.

Tidak perlu terlalu ngoyo mencari dan berusaha memahami. Tujuan latihan ini untuk membangun kepercayaan diri saat berbicara.

#4 Jangan takut salah (Don’t be afraid of making mistakes)
Ingat-ingatah selalu hal ini; salah tidak mengapa. Jika suatu saat kesulitan saat menemukan kalimat yang panjang atau rumit, berhenti saja dulu. Ambil napas sebentar, lalu lanjutkan membaca.

Berkomunikasi dengan bahasa yang bukan merupakan bahasa ibu adalah hal yang harus kita banggakan. Itu artinya kita belajar bahasa lain. Kesalahan adalah hal yang biasa dan wajar.

Ingat untuk selalu konsisten dalam berlatih. Sisihkan sebagian waktu dalam satu hari untuk berlatih.

0 Komentar

    Kirim Komentar

    jogjastreamers

    SWARAGAMA 101.7 FM

    SWARAGAMA 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    SOLORADIO 92,9 FM

    SOLORADIO 92,9 FM

    Soloradio 92,9 FM SOLO


    GERONIMO 106,1 FM

    GERONIMO 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    RAKOSA 105,3 FM

    RAKOSA 105,3 FM

    Rakosa 105,3 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini