Tips Hari Ini

Tips Membersihkan Pecahan Kaca

Oleh : Wirawan Kuncorojati / Selasa, 26 April 2022 19:24

Saat gelas minum, kaca jendela atau bola lampu pecah dan pecahannya berserakan di lantai, langkah-langkah cepat harus diambil. Ini langkah membersihkan pecahan kaca dengan aman.

  • Kosongkan ruangan

Sesegera mungkin kosongkan area di mana kecelakaan terjadi. Orang yang ditunjuk untuk membersihkan harus mengenakan sepatu yang kokoh dan tertutup, pelindung mata, sarung tangan pelindung sebelum memulai proses pembersihan kaca.

  • Gunakan cahaya sebanyak mungkin

Untuk membantu melihat setiap kilatan kaca, nyalakan lampu sebanyak mungkin. Cara terabaik adalah menggunakan senter LED atau senter pada smartphone, sehingga dapat diarahkan ke seluruh permukaan. 

  • Ambil pecahan besar

Mengenakan sarung tangan pelindung, ambil pecahan kaca yang besar. Bisa juga menggunakan penjepit. Jangan menggunakan tangan kosong. 
Pecahan harus ditempatkan dalam kertas tebal atau kantong plastik tiga lapis untuk dibuang. Kita juga dapat menggunakan beberapa lapis koran untuk membungkus kaca agar tidak terpotong secara tak sengaja di tempat sampah.

  • Sapu Pecahan

Jika pecahan kaca tersangkut di karpet atau serat kain, gunakan sikat gosok berbulu kaku untuk mengangkat kaca sebelum mencoba menyapunya.

  • Gunakan roti atau kentang untuk mengambil pecahan

Menggunakan sarung tangan, tekan roti yang lembut ke pecahan kaca. Pastikan untuk segera membuang roti. Kita bisa juga memotong kentang menjadi dua, lalu tekan sisi potongan kentang ke pecahan kaca untuk mengambilnya dengan mudah. Segera buang kentang ke tempat sampah. 

  • Gunakan paper towels

Gunakan tiga lembar paper towels, lipat menjadi persegi. basahi dan tekan pada pecahan kaca. Pecahan kaca akan menempel pada paper towel dan mudah dibuang. 

  • Gunakan lint roller

Roller pembersih bulu hewan memiliki perekat sehingga dapat digunakan untuk mengangkat pecahan kaca. 

  • Gunakan lakban

Mengenakan sarung tangan pelindung, bungkus beberapa lakban di sekitar tangan dengan sisi lengket ke arah luar. Tekan pada potongan kaca, kemudian masukkan lakban ke dalam kantong sampah dengan hati-hati.

  • Pembersihan akhir

Pecahan kaca mungkin menempel pada bulu sapu atau pengki. Bawa ke luar, bilas dengan selang taman di atas ember, buang air ke saluran pembuangan utilitas. 
Periksa bagian bawah sepatu, apaka ada pecahan yang tersangkut di tapak. Lepaskan kaca dengan lakban atau papertowel untuk memastikan tidak ada kaca yang tertinggal.  

 

sumber: The Spruce

 


0 Komentar

    Kirim Komentar


    jogjastreamers

    SWARAGAMA 101.7 FM

    SWARAGAMA 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    SOLORADIO 92,9 FM

    SOLORADIO 92,9 FM

    Soloradio 92,9 FM SOLO


    GCD 98,6 FM

    GCD 98,6 FM

    Radio GCD 98,6 FM


    GERONIMO 106,1 FM

    GERONIMO 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini