Seni & Budaya

Fatmawati Sukarno dan Yogyakarta

Oleh : Dude / Senin, 00 0000 00:00
Fatmawati Sukarno dan Yogyakarta

Pameran Fatmawati SukarnoIbu Fat, demikian sapaan akrabnya. Fatmawati Sukarno, seorang ibu itu baru berusia 23 ketika harus menyandang predikat dan tugas yang tidak mudah sebagai Ibu Negara pertama RI dan ibu bagi kelima putra-putrinya pada periode Pendudukan Jepang, periode Yogyakarta, periode Istana Merdeka, dan periode Sriwijaya.

Bagi beberapa pihak, kenangan Ibu Negara penjahit bendera Pusaka ini mungkin telah terlupakan. Atas dasar itulah, sebagai rangkaian kegiatan peringatan 85 tahun meninggalnya Fatmawati Sukarno, Yayasan Bung Karno dan Yayasan Fatmawati Sukarno menggelar kegiatan pameran Pergelaran Foto, Film Dokumenter & Benda Kenangan "Fatmawati Sukarno".

"Pameran ini diadakan oleh Yayasan Bung Karno dan Yayasan Fatmawati Sukarno sebagai rangkaian kegiatan peringatan 85 tahun Ibu Fat sejak meninggal tahun 1980. Diharapkan dengan pameran ini bangsa Indonesia dapat kembali mengenang Ibu Negara pertama RI Fatmawati Sukarno," kata Guruh.

Pameran yang digelar di Jogja Gallery (JG) ini Senin malam (14/04) dibuka oleh ketua umum Yayasan Bung karno, Guruh Sukarno Putra. Pameran yang akan berlangung hingga 21 April 2008 ini menampilkan koleksi foto Fatmawati Sukarno, dua film dokumenter berjudul "Bu Fat Dalam Kenangan" dan Tjinta Fatma, serta benda kenangan yang merupakan barang pribadi Fatmawati dan Bung karno seperti koleksi pakaian Ibu Fat dan Bung Karno yang baru kali ini ditampilkan dalam sebuah pameran.

Pameran Pergelaran Foto, Film Dokumenter & Benda Kenangan Fatmawati SukarnoJogja merupakan kota penting dalam sejarah bangsa Indonesia termasuk bagi Fatmawati Sukarno. Berbagai peristiwa penting terjadi pad bangsa ini seperti peristiwa 3 Juli, clash I dan II, dan pemberontakan PKI Madiun. Pada masa tersebut,  Bung Karno didampingi Ibu Fat berhasil melalui hari-hari yang berat. Alasan tersebut merupakan alasan mengapa pameran ini diselengarakan di Jogja. "Jogja itu spesial bagi sejarah perjuangan bangsa Indonesia. Momen berharga dilalui Ibu Fat dan Bung Karno di Jogja," katanya.  

Pada pameran ini dapat dilihat dokumentasi berbagai kegiatan Fatmawati Sukarno baik sebagai Ibu Negara maupun ibu rumah tangga di Istana Presiden Yogyakarta (Gedung Agung). Koleksi dokumentasi tersebut dikumpulkan oleh Yayasan Bung Karno, Yayasan Fatmawati, koleksi keluarga, dan berbagai media cetak tempo dulu.
 
Sebagai salah satu pengemban amanat Bung Karno, Guruh Sukarno Putra senantiasa berusaha menjaga barang peninggalan presiden pertama RI itu. Salah satu wujudnya adalah bersama ke-8 putra putri Bung Karno yakni Guntur Sukarno Putra, Megawati Sukarno Putri, Rachmawati Sukarno Putri, Sukmawati Sukarno Putri, Taufan Sukarno Putra, Bayu Sukarno Putra dan Kartika  Sari Sukarno Putri, Guruh Sukarno Putra mendirikan Yayasan Bung Karno pada tanggal 1 Juni 1978.

0 Komentar

    Kirim Komentar

    jogjastreamers

    Argososro 93,2 FM

    Argososro 93,2 FM

    Argososro 93,2 FM


    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    Unisi 104,5 FM

    Unisi 104,5 FM

    Unisi 104,5 FM



    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini