Teknologi

ARJUNA Sang Pemanah Juara Game Mobile Aplication

Oleh : Budi W / Senin, 00 0000 00:00
ARJUNA Sang Pemanah Juara Game Mobile Aplication

Jogja Game Expo (JGE) merupakan event yang diselenggarakan Himpunan Mahasiswa Ilmu Komputer (HIMAKOM) UGM bekerja sama dengan NOKIA. Main event JGE terdiri dari Workshop Mobile Game Development yang telah diadakan pada tanggal 9 April yang lalu, kemudian dilanjutkan dengan Final Jogja Game Expo pada tanggal 19 April 2011.

Acara ini dilaksanakan setelah melalui proses seleksi yang akhirnya didapat 10 game terbaik oleh tim juri. Tim juri terdiri dari 5 orang yakni Narenda Wicaksono (Nokia Indonesia), Erick Kurniawan (Nokia ICE), Fachry Bafadal (Bancakan), Edo Pamungkas (MerahPutih) dan Sigit Priyanta (UGM).

Acara Final JGE terdiri dari presentasi oleh 10 tim pembuat game terpilih, pengarahan serta materi dari NOKIA Indonesia & Nokia ICE, pemilihan 3 game terbaik, Live Coding War oleh 3 tim terbaik dan pengumuman pemenang. Pada acara ini, juga diadakan expo mengenai 10 game terpilih dimana para pengunjung dapat mencoba 10 game terpilih langsung melalui Handphone Nokia C3 yang telah disediakan. Selain itu, pengunjung juga dapat memilih game  yang akan jadi best audio, best visual, dan best game idea.

Para peserta terdiri dari 10 tim yang membuat 10 Game. Game-game itu antara lain: Nusantara Music Box (Selanjutnya/Bandung), Bhinneka Tunggal Ika (Dongskar Pedongi/Bandung), Waroeng Ekspres (ENLIGHT Games Studio/Surabaya), Co Co Bi Untuk Candi (ChoChoBi/Bandung), Nakula Sadewa in The Labyrinth (OMAHGAMES/Yogyakarta), ARJUNA Sang Pemanah (Omah TI Mobile Games/Yogyakarta), run Piggy run (MDG/Bandung), Gatotkaca and The Endless Sky (Sebelumnya/Bandung), Too Much Satay (GDC ITTELKOM/Bandung) dan CONGKLAK (EPIC/Yogyakarta).

Kriteria penentuan 10 game, dipilih berdasarkan estetika & skalabilitas visual, audio, performansi, potensi pasar, kreatifitas para peserta dalam membuat game dan relevansi dengan tema. Selain itu, game tersebut harus bisa dimainkan di handphone Nokia C3. Tema yang diambil untuk pembuatan game yakni game yang bernuansa budaya Indonesia.

Acara diawali  dengan presentasi dari 10 tim tentang game yang mereka buat. Mulai dari konsep game, keunggulan, fitur-fitur dalam game, sampai algoritma dalam pembuatan game. Pada sesi ini, para juri menilai hasil presentasi semua tim untuk menentukan 3 tim terbaik yang lolos ke 3 besar.

Diantara 10 game yang ada, akhirnya dipilih 3 game yang lolos ke 3 besar yakni Too Much Satay (GDC ITTELKOM/Bandung), Waroeng Ekspres (ENLIGHT Games Studio/Surabaya) dan ARJUNA Sang Pemanah (Omah TI Mobile Games/Yogyakarta). Pada game Too Much Satay, para juri menilai desain dan konsep game sangat baik. Selain itu ide dan kreatifitas game cukup memukau. Untuk game Waroeng Ekspres, para juri menilai adaptasi ide game sangat cocok, selain itu grafis dan tampilan game sangat baik.

Terakhir, untuk ARJUNA Sang Pemanah, para juri menilai desain dan kreatifitas sangat mamukau dan sesuai dengan criteria yang diharapkan.Setelah pengumuman 3 besar, dilanjutkan dengan Live Coding War oleh 3 tim terbaik. Live Coding War sendiri merupakan tantangan dari para juri kepada peserta untuk memperbaiki maupun menambah fitur pada game yang dibuatnya.

Setelah melakukan live coding, para tim diberikan kesempatan untuk mempresentasikan lagi apa saja yang meraka perbaiki maupun tambahkan pada game yang mereka buat.Terakhir, pengumuman pemenang dilakukan oleh para juri. Pemenang sendiri terdiri dari Juara 1 yaitu ARJUNA Sang Pemanah (Omah TI Mobile Games/Yogyakarta), Juara 2 yaitu Waroeng Ekspres (ENLIGHT Games Studio/Surabaya), Juara 3 yaitu Too Much Satay (GDC ITTELKOM/Bandung). Kemudian ada kategori lain yaitu Best Audio, Best Visual, Best Game Idea yang merupakan hasil pilihan dari para pengunjung yang datang.

0 Komentar

    Kirim Komentar


    jogjastreamers

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    SWARAGAMA 101.7 FM

    SWARAGAMA 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    UNIMMA FM 87,60

    UNIMMA FM 87,60

    Radio Unimma 87,60 FM


    UNISI 104,5 FM

    UNISI 104,5 FM

    Unisi 104,5 FM


    GERONIMO 106,1 FM

    GERONIMO 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    SOLORADIO 92,9 FM

    SOLORADIO 92,9 FM

    Soloradio 92,9 FM SOLO


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini