Pendidikan

GBPH Joyokusumo Mengenang Almarhum Sang Ayah

Oleh : Budi W / Jumat, 06 April 2012 00:17
Peringatan Dies Natalis ke-66 FK UGM, Ulang Tahun ke-30 RSUP DR. Sardjito dan Peringatan 1 Abad Sultan HB IX saat press conference kemarin menghadirkan GBPH Joyokusumo.

Meski dalam keadaan kurang fit, namun Beliau tetap memaksakan untuk bertemu dengan rekan-rekan media di Sagan Resto pada (4/4). Gelang rumah sakit ditangan kirinya masih melekat erat, namun karena semangat untuk memberikan info mengenai peringatan 1 abad Sultan HB IX, Ia bercerita tentang sosok almarhum sang ayah.

"Kegiatan ini sekaligus sebagai suatu aktivitas mengingat kembali sejarah," ungkapnya ramah kepada sejumlah wartawan yang hadir dalam acara jumpa pers konser amal untuk membantu penderita pencangkokan kornea mata yang memiliki kemampuan ekonomi rendah.

Sosok almarhum sang ayah sangat mengenai dihati Gusti Joyo. "Pernah suatu ketika saat Sri Sultan HB IX dilantik menjadi PNS pertama di Indonesia pada tahun 1942, NIP yang dimiliki beliau sangat unik yaitu 010000001, dan kartu tersebut masih disimpan oleh keluarga," jelasnya.

Cerita menarik lainnya adalah saat Presiden Soekarno akan melantik AH. Nasution dan Sri Sultan HB IX menjadi Jendral Besar. "Namun AH. Nasution menolak bila Ia yang dilantik pertama kali, melainkan Sri Sultan dahululah yang harus dilantik pertama kali," ucap adik kandung Gubernur DIY ini mengakhiri cerita singkat mengenang sang ayah.

0 Komentar

    Kirim Komentar