Pendidikan

Tetap Mengikuti Ujian Nasional Meski Dalam Kondisi Tragis!

Oleh : Budi W / Senin, 00 0000 00:00
Tetap Mengikuti Ujian Nasional Meski Dalam Kondisi Tragis!

Tragis dan menyedihkan itulah yang Tim Gudegnet rasakan saat memasuki SMA "17" yang berlokasi di Jl Tentara Pelajar Yogyakarta salah satu tempat yang dulunya menjadi cikal bakal lahirnya Boedi Oetomo sebuah organisasi pemuda yang didirikan oleh Dr. Sutomo dan para mahasiswa STOVIA kala itu.

Tadi pagi (16/04) merupakan awal para siswa-siswi SMA tersebut mengikuti Ujian Nasional (UN) dengan Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Monica beserta ke-28 siswa SMA "17" Yogyakarta mengikuti dengan semangat meski memiliki banyak keterbatasan fasilitas pasca pembongkaran gedung oleh pihak ahli waris tanah.

Hanya ada meja, kursi, papan tulis yang telah sedikit terkoyak karena dimakan usia. Namun Monica beserta teman-teman lainnya tetap tegar menghadapi ujian kehidupan itu. "Meski Kami memiliki banyak keterbatasan, namun para guru, teman dan orang tua telah memberi kami semangat serta doa agar Kami sukses," ungkap gadis hitam manis kelas 12 IPS itu.

Sementara itu dilokasi yang sama, Waka Ur Kurikulum Dra. Nuniek Tasnim Haryani mengatakan bahwa siswa-siswi SMA "17" Yogyakarta ini hebat-hebat. Pasalnya, dengan kondisi yang terbatas ini mereka tetap semangat mengikuti ujian nasional. "Saya berpesan kepada siswa-siswi unutk fokus pada ujian mereka, jangan memikirkan yang lain," tukas ibu guru Bahasa Indonesia tersebut.



SMA "17" merupakan SMA yang ternyata memiliki sejarah cemerlang diera 70-80-an. Tercatat seperti Hendry Yosos Diningrat pernah mengenyam pendidikan di SMA "17" setelah akhirnya pindah ke SMA De Britto. "Selain itu banyak keluarga Alm. Pak Harto yang dari Kemusuk juga dulu ada yang sekolah disini," kenang Nuniek yang telah mengajar selama 30-an tahun di SMA "17".

Baik guru maupun murid tetap akan mempertahankan SMA "17" ini sebagi monumen hidup. "Kami berharap ada kepedulian dari pihak terkait akan eksistensi SMA "17"," jelas Nuniek. Monica yang tadi pagi juga telah mengikuti Unian Nasional dihari pertama juga terlihat riang. "Saya berpesan bagi teman-teman yang memiliki kasus serta keterbatasan fasilitas yang sama dengan Kami, Saya berbesan agar terus menggantungkan cita-cita setinggi langit untuk masa depan nanti," pungkas Monica kepada Tim Gudegnet.

0 Komentar

    Kirim Komentar


    jogjastreamers

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    SWARAGAMA 101.7 FM

    SWARAGAMA 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    SOLORADIO 92,9 FM

    SOLORADIO 92,9 FM

    Soloradio 92,9 FM SOLO


    GERONIMO 106,1 FM

    GERONIMO 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    UNIMMA FM 87,60

    UNIMMA FM 87,60

    Radio Unimma 87,60 FM


    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini