Pendidikan

Unit Selam UGM Lakukan Tranplantasi Karang dan Fun Dive di Ambon

Oleh : Budi W / Sabtu, 15 April 2017 07:00
Unit Selam UGM Lakukan Tranplantasi Karang dan Fun Dive di Ambon
Foto oleh Unit Selam UGM

 

www.gudeg.net, Yogyakarta - Unik, Tim Unit Selam UGM berhasil melakukan transplantasi karang, membersihkan terumbu karang, dan restocking perairan di Ambon, Maluku. Kelompok ini telah mengikuti kegiatan agenda rutin tahunan yang digagas oleh organisasi selam mahasiswa Indonesia  2-8 April 2017 di Universitas Pattimura, Ambon, Maluku.

Menurut Satrio Tunggul Satoto Jagad, perwakilan delegasi yang dikirim ke Ambon mengatakan bahwa  56 mahasiswa dari sejumlah perguruan tinggi di berbagai wilayah Indonesia mengikuti jambore  Forum Penyelaman Mahasiswa Indonesia (FoPMI).  "Kami melakukan tranplantasi karang, membersihkan terumbu karang, dan restocking perairan di Pulau Pombo,”ungkapnya di Humas UGM.

Selain melakukan transplantasi karang dan restocking perairan, para peserta juga berkesempatan melakukan fun diive di empat lokasi. Kegiatan ini pertama dilakukan di Hotspring yang berada di Pantai Tulehu. Kawasan bawah laut ini memiliki air hangat keluar dari dasar laut membentuk gelembung-gelembung.

Kemudian, ke Gua Hukurila yang berada di Pantai Hukurila. Lalu, di Wayama Shipwreck di Pantai Wayame. Terakhir dilakukan di beberapa spot di  Pantai Morela yaitu Tanjung Setan, Kebun Kima, dan Lubang Buaya. “Pengalaman yang luar biasa berkesempatan melakukan penyelaman di banyak tempat penyelaman unggulan Ambon,”ujarnya.

Jagad menyampaikan melalui jambore ini dia tidak hanya bisa menikmati secara langsung keindahan bawah laut Pulau Ambon. Namun juga berkesempatan ikut dalam upaya pelestarian terumbu karang di wilayah tersebut.

“Melalui jambore, saya memperoleh banyak pengalaman tentang kehidupan bawah air dan keterampilan penyelaman. Selain itu, memperoleh jejaring baru dengan sesama mahasiswa penyelam se-Indonesia,” tutupnya.

 


0 Komentar

    Kirim Komentar


    jogjastreamers

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    SWARAGAMA 101.7 FM

    SWARAGAMA 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    SOLORADIO 92,9 FM

    SOLORADIO 92,9 FM

    Soloradio 92,9 FM SOLO


    GERONIMO 106,1 FM

    GERONIMO 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    UNISI 104,5 FM

    UNISI 104,5 FM

    Unisi 104,5 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini