Kesehatan

Kecelakaan Lalu Lintas oleh FX. Wikan Indrarto

Oleh : Wirawan Kuncorojati / Selasa, 23 Mei 2017 19:00
Ilustrasi lalu lintas-Gudegnet/ Budi W

 

Save LIVES, sebuah paket teknis keselamatan di jalan raya telah diterbitkan pada 7 Mei lalu. Paket teknis ini berisi tindakan yang dapat secara signifikan mengurangi korban tewas dan luka-luka, karena kecelakaan lalu lintas.

Dalam Save LIVES, ada 6 strategi dan 22 intervensi untuk mengurangi separuh jumlah kematian dan cedera global akibat kecelakaan lalu lintas pada tahun 2020. Berikut hal yang perlu kita ketahui dan perhatikan.

Laporan “global status report on road safety 2015” menyebutkan bahwa sekitar 1,25 juta orang, terutama remaja yang berusia 15-29 tahun meninggal setiap tahunnya karena kecelakaan lalu lintas. Tanpa tidakan yang berarti, kecelakaan lalu lintas diperkirakan akan meningkat menjadi penyebab utama atas 7 kematian global pada 2030.

Selama bertahun-tahun, kecelakaan diabaikan dari agenda kesehatan global, meski sebenarnya dapat diprediksi dan dicegah. Bukti dari berbagai negara menunjukkan, keberhasilan dalam mencegah kecelakaan lalu lintas dapat dicapai dengan upaya bersama yang melibatkan sektor perhubungan, kepolisian, dan pendidikan.

Kecepatan merupakan faktor utama kecelakaan. Kecepatan laju kendaraan di atas rata-rata, secara langsung berkaitan dengan kemungkinan terjadinya kecelakaan maupun dengan tingkat keparahan korban kecelakaan itu.Pemberlakuan zona kecepatan 30 km/jam terbukti dapat mengurangi risiko kecelakaan. Kawasan dengan banyak pejalan kaki, misalnya di daerah pemukiman dan sekolah direkomendasikan memberlakukan zona kecepatan ini.

Konsumsi alkohol perlu menjadi perhatian, terutama saat mengemudi. Mengendarai dalam keadaan mabuk akan meningkatkan, baik risiko kecelakaan maupun kemungkinan kematian atau cedera serius.

Alat pengaman seperti helm dan sabuk pengaman perlu digunakan secara disiplin. Mengenakan helm secara benar oleh pengendara sepeda motor dapat mengurangi risiko kematian hampir 40% dan risiko cedera parah lebih dari 70%. Sedangkan mengenakan sabuk pengaman di dalam mobil, terbukti dapat mengurangi risiko kematian penumpang di kursi depan sampai 50% dan penumpang di kursi belakang sampai 75%. Jika dipasang dan digunakan secara benar, kursi dan sabuk pengaman khusus anak dapat mengurangi kematian bayi sekitar 70% dan kematian anak 80%.

Di masa sekarang, handphone merupakan barang yang tak bisa lepas dari genggaman. Saat berkendara, penggunaan handphone dapat mengganggu performa pengemudi, yaitu waktu reaksi lebih lambat, terutama saat pengereman atau reaksi terhadap sinyal lalu lintas, gangguan kemampuan untuk selalu berada di jalur yang benar, dan menjaga jarak antar kendaraan yang layak.

Penggunaan fitur pada HP berupa pesan teks seperti sms atau WA, menyebabkan kinerja pengemudi juga berkurang. Fasilitas ‘hands-free HP’ tidak terbukti menjadikan penggunaan HP menjadi jauh lebih aman.

Michael R. Bloomberg, pendiri Bloomberg Philanthropies melaporkan bahwa secara global terdapat 105 negara memiliki aturan tentang sabuk pengaman yang berlaku untuk semua penumpang, 47 negara memiliki undang-undang yang menentukan batas kecepatan nasional perkotaan maksimum 50 km/jam dan menghimbau pemerintah daerah untuk mengurangi batas kecepatan di daerahnya masing-masing.

Selain itu, 34 negara memiliki aturan konsentrasi alkohol dalam darah (BAC) batas kurang dari atau sama dengan 0,05 g/dl, 44 negara memiliki ketentuan tentang helm yang berlaku untuk semua pengendara dan penumpang sepeda motor, dan 53 negara memiliki aturan berdasarkan usia, tinggi atau berat badan, dan menerapkan pembatasan usia anak, sebagai penumpang mobil yang duduk di kursi depan.

Diolah dari sumber: Dr. FX. Wikan Indrarto*

*) dokter spesialis anak di RS Panti Rapih Yogyakarta, Ketua IDI Cabang Kota Yogyakarta, Anggota IDAI Cabang DIY, Alumnus S3 UGM

 

0 Komentar

    Kirim Komentar

    Argososro 93,2 FM

    Argososro 93,2 FM

    Argososro 93,2 FM


    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    CJDW 107 FM

    CJDW 107 FM

    CJDW 107 FM


    Radio GCD  98,6 FM

    Radio GCD 98,6 FM

    Radio GCD 98,6 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini