Pendidikan

7 Keutamaan Ramadhan yang Tak Kalian Tahu

Oleh : Budi W / Selasa, 06 Juni 2017 14:30
Suasana masjid saat Ramadhan Tiba


www.gudeg.net, Yogyakarta - Berpuasa pada bulan Ramadhan memiliki banyak keutamaan baik itu dilihat dari segi manfaat maupun dari segi kejiwaan, sosial dan kesehatan. Berikut Tim Gudegnet bocorkan sejumlah informasi yang wajib kita tahu.

#1 Puasa Bikin Sabar
Ah masak kalau puasa itu membuat kita jadi lebih sabar? mungkin banyak diantara kita yang belum paham akan maksud puasa membuat kita lebih sabar. Secara umum, puasa dapat mempertebal takwa kita pada Allah SWT. Hal ini menjadi sebuah hikmah dalam menjalankan ibadah puasa. Allah berfirman : "Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu, agar kamu bertakwa." (Al-Baqarah:183).

#2 Makin Disiplin, United dan Equal
Nah loh, gaul banget kalau mendengar kata-kata united dan equal ya. socially, puasa ini dapat membiasakan kita untuk berlaku disiplin, cinta keadilan dan persamaan. Tak hanya itu, rasa cinta kasih kita pada orang lain, yang tidak kita kenal sekalipun juga akan muncul tanpa ada tendensi dan prasangka. Hal inilah yang membuat kita semakin terdorong untuk terus berbuat kebaikan dan sama rasa.

#3 Makin Sehat
Siapa bilang puasa bikin sakit, ternyata malah kebalikannya. Menahan makan pada siang hari dapat membersihkan usus-usus, memperbaiki kerja pencernaan, membersihkan tubuh dari sisa endapan makanan, mengurangi kegemukan dan kelebihan lemak diperut.

#4 Mematahkan Nafsu
Puasa dapat mematahkan nafsu, karena kalau berlebihan dalam makan, minum dan menggauli istri dapat mendorong seseorang untuk berbuat kejahatan, enggan mensyukuri nikmat serta mengakibatkan kelengahan.

#5 Fokus dalam Ibadah 
Puasa ternyata dapat mengosongkan hati dan dapat memacu kita untuk berfikir dan berdzikir. Sebaliknya, kalau nafsu syahwat dituruti, maka dapat membutakan mata hati. Dampaknya yakni bisa menghalangi hati untuk melakukan hal yang terpuji dalam beribadah. Beda halnya jika perut kosong dari makanan dan minuman. Hati akan lebih bercahaya dan lunak.

#6 Yang Kaya Bisa Memposisikan Diri
Orang yang berada bisa tahu seberapa nikmat Allah memberikan nikmat atas dirinya. Pada saat yang sama, orang miskin yang tidak mendapat makanan, minuman dan tak pula menikah sering dirasakan oleh orang-orang yang tak beruntung. Dengan terhalangnya si kaya dari kenikmatan tersebut, maka orang itu dapat mensyukuri nikmat Allahyang diberikan kepadanya.

#7 Puasa dapat Menghalau Setan
Puasa bisa mempersempit jalannya setan karena jika setan mudah mengalir, maka mudah pula bangkit syahwat jelek. Artinya, jika seseorang melakukan puasa, maka puasa bisa mempersempit jalannya setan. Seperti yang tertuang dalam HR. Bukhari no. 5066 dan Muslim no. 1400 yang menyatakan bahwa : “Wahai para pemuda, barangsiapa yang memiliki kemampuan menikah, maka menikahlah. Karena itu lebih akan menundukkan pandangan dan lebih menjaga kemaluan. Barangsiapa yang belum mampu, maka berpuasalah karena puasa itu bagai obat pengekang baginya.”

Wallahu a’lam bish-shawabi.

 

0 Komentar

    Kirim Komentar

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    JIZ 89,5 FM

    JIZ 89,5 FM

    Jiz 89,5 FM


    Radio GCD  98,6 FM

    Radio GCD 98,6 FM

    Radio GCD 98,6 FM


    Argososro 93,2 FM

    Argososro 93,2 FM

    Argososro 93,2 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini