Kesehatan

Gini Kata Dosen FK UGM Soal Nutrisi dan Hidrasi ketika Puasa

Oleh : Budi W / Jumat, 09 Juni 2017 16:00
Suasana berbuka puasa dan ngabuburit di dalam Masjid


www.gudeg.net, Yogyakarta - Nutrisi dan Hidrasi pada saat ramadhan ternyata penting menjadi perhatian kita saat berpuasa.  Tim Gudegnet mencari tahu ke dr. Emy Huriyati, M.Kes selaku Dosen FK UGM yang tahu banyak akan pentingnya mineral dan nutrisi bagi kesehatan. Berikut rincian listicle-nya untuk Anda.

#1 Gizi Tetap Wajib Seimbang
Bulan puasa baik adanya untuk tetap menjaga kondisi tubuh tetap dalam kondisi yang seimbang. Maksudnya, kebutuhan Makronutrien seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral wajib dalam kondisi seimbang. misalnya dalam tubuh, protein dibutuhkan sebanyak 25% total kalori serta asupan lemak maksimal 35% dari kebutuhan kalori per harinya.  

#2 Cukupi Kebutuhan Vitamin dan Mineral
Untuk mencukupi angka kecukupan gizi (AKG), baiknya mengasup makanan yang bervitamin dan mineral kira-kira 3-5 porsi sehari. Kalau di Indonesia, biasanya sekitar 3 porsi.

#3 Jangan Lupa Serat juga Perlu
Tubuh yang memiliki cukup serat, dapat menahan rasa lapar saat berpuasa. Mampu mengikat kolesterol, memperlancar pencernaan dan membuat kadar gula stabil. Buah-buahan memiliki kecukupan serat yang sangat diperlukan oleh tubuh.

#4 Cukupi Kebutuhan Air minum
Orang yang terkena dehidrasi biasanya akan mengalami rasa haus yang berlebihan, sakit di bagian kepala, mengantuk, tak bisa konsentrasi dan urin semakin gelap. Jika tanda-tanda ini sudah terjangkit oleh salah satunya, maka sebaiknya Anda harus segera mengatur asupan mineralnya. Biasakan untuk meminum air dengan hitungan 2 + 4 + 2. Caranya, dua kali saat berbuka dan setelah hidangan berbuka. Empat kali pada saat malam hari yakni satu kali sebelum makan, dua kali sehabis makan dan satu kali menjelang tidur. Setelah itu, asup dua kali saat sahur.

#5 Lengkapi Kebutuhan Tubuh dengan Susu
Cara melengkapi tubuh dengan nutrisi seimbang yakni dengan memberikan oral nutrition supplement (ONS) dengan meminum susu. Zat gizi dalam susu sangat lengkap, praktis dan lengkap. Tak cuma itu susu juga terkenal sebagai protein yang sangat mudah diserap. minum 2 gelas per hari akan membuat tubuh menjadi sehat dan bugar.

dr. Emy mengatakan bahwa puasa memiliki efek baik untuk kesehatan yakni secara sederhana Anda tengah menjalani hidup sehat. Jangan lupa juga untuk terus memenuhi kebutuhan kalori dan hidrasi harian selama puasa. Terakhir, mineral merupakan zat gizi penting yang diperlukan tubuh dalam jumlah sedikit, beberapa diantaranya didapat dalam air putih atau air minum kemasan. Demikian, semoga bermanfaat.

0 Komentar

    Kirim Komentar

    Argososro 93,2 FM

    Argososro 93,2 FM

    Argososro 93,2 FM


    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    CJDW 107 FM

    CJDW 107 FM

    CJDW 107 FM


    Radio GCD  98,6 FM

    Radio GCD 98,6 FM

    Radio GCD 98,6 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini