Teknologi

Juarai Olimpiade, SMK 7 Semarang Sabet Rp 25 Juta

Oleh : Trida Ch Dachriza / Jumat, 27 Oktober 2017 16:45
Siswa SMKN 7 Semarang dan pembimbing bersama Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah, Hamid Muhammad (26/10)-Gudegnet

 

www.gudeg.net, Yogyakarta - SMKN 7 Semarang keluar sebagai pemenang Olimpiade Jaringan Mikrotik-APJII 2017. Alexander Rio dan Leonardus Daniel menyabet Piala dari Mendikbud dan uang pembinaan Rp 25 juta. Mereka berhasil menyisihkan tiga ratus sekolah lain.

Setelah proses penyisihan yang berlangsung sejak September, acara ditutup dengan pelaksanaan Grand Final di Kasultanan Ballroom Hotel Royal Ambarrukmo kemarin, Kamis (26/10).

Sejak diadakan pertama kalinya tahun lalu, acara ini menarik peminat dari ratusan SMK jurusan teknik komputer dan jaringan (TKJ) dan SMK yang terdaftar di MikroTik Academy. Olimpiade ini terdiri dari lima tahap yang dimulai sejak September 2017.

Tahap penyisihan awal dilaksanakan di Makassar, Surabaya, Pekanbaru, Semarang, Bandung, dan Jakarta. Tahap final diikuti oleh tiga tim terbaik dari masing-masing kota, diadakan di Yogyakarta hari Kamis (26/10).

Olimpiade ini adalah prakarsa dari Citraweb Solusi Teknologi (MikroTik Indonesia) bekerjasama dengan Asosiasi Penyelenggara Jasa Jaringan Indonesia (APJII) serta didukung oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Acara sejenis belum pernah dilaksanakan di negara manapun.

“Dari MikroTik berharap Olimpiade ini bisa menjadi tambahan pengetahuan untuk SMK supaya mereka memiliki bekal yang bagus di dunia kerja nanti,” jelas Debi Surya Setiawan, panitia pelaksana.

Jamalul Izza selaku ketua APJII mengatakan bahwa acara ini diharapkan dapat memberikan akses untuk industri penyedia jasa internet untuk dapat menjaring calon tenaga kerja yang handal dan kompeten. “Saya lihat siswa-siswi SMK ini sudah siap untuk bekerja. Pengetahuan mereka tidak kalah dengan rekan-rekan yang sudah bekerja.”

Untuk masyarakat umum, olimpiade ini diharapkan dapat menunjukkan bahwa bidang jaringan masih sangat bergengsi dan sangat dibutuhkan.

Di kesempatan yang sama pula, dilaksanakan penandatangan nota kesepahaman atau MoU antara APJII dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang diwakili oleh Hamid Muhammad, M.Sc., Ph.D. sebagai Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah.

0 Komentar

    Kirim Komentar

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    JIZ 89,5 FM

    JIZ 89,5 FM

    Jiz 89,5 FM


    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    SoloRadio 92,9 FM

    SoloRadio 92,9 FM

    Soloradio 92,9 FM SOLO


    JogjaFamily 100,9 FM

    JogjaFamily 100,9 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini