Kuliner

Cita Rasa Masakan Khas Sulawesi di Katombo Resto

Oleh : Karni Narendra / Sabtu, 14 April 2018 19:59
Cita Rasa Masakan Khas Sulawesi di Katombo Resto
Woku dan Ikan bakar polos ala Katombo Resto/ Karni Narendra

www.gudeg.net, Yogyakarta - Jogja memang surganya kuliner nusantara, segala jenis masakan  dari berbagai daerah ada di kota yang satu ini. Setelah Coto Makasar di La Capela, Soto Banjar di Kindai, Kali ini gudeg.net mencoba mengulas masakan khas Sulawesi.

Tidak perlu pergi jauh-jauh untuk bisa mencicip masakan khas Sulawesi. Kita bisa menemui kuliner khas Sulawesi seperti Woku, Kuah asam dan Ikar bakar polos di restoran Katombo. Terletak di Jalan Magelang, Rogoyudan 1 No.8 Mlati Sleman  tidak jauh dari pusat kota.

Berkonsep restoran keluarga, Katombo mengangkat makanan khas Sulawesi. “Masakan rumahan yang dibawa ke sini agar masyarakat Jogja bisa mencicipi citarasa Sulawesi tanpa harus jauh-jauh pergi ke Sulawesi ,” jelas Stefanus Robin selaku  executive cheff dan restoran manajer di Katombo  

Di sini kita bisa memilih ikan laut yang masih segar untuk di masak. Jenis ikannya pun bermacam-macam, mulai dari Kerapu, Kakap Merah, Kakap Putih, Ikan Kuwe, Baronang, Napoleon, Biji nangka, Kepiting dan masih banyak lagi. Ikan  kerapu dan ikan kuwe menjadi favorit di sini.

Kuah Woku, Kuah asam dan Ikan bakar polos menjadi menu favorit pengunjung. Kuah Woku sendiri adalah olahan ikan laut dengan bumbu kuning disertai dengan rempah-rempah khas Sulawesi, sehingga citarasa Sulawesinya sangat terasa.  Kuahnya kental  seperti santan, cita rasanya asin, kecut dan pedas. Untuk tingkat keasaman dan kepedasannya bisa diatur sesuai selera.

Sedangkan kuah asam, adalah kuah yang berasal dari rempah-rempah. Rasanya cenderung gurih dan asam. Untuk cabainya disajikan utuh.

Harga makanannya juga terjangkau, semua ikan rata-rata harganya mulai dari Rp 16.000 hingga Rp 20.000/ons. Harganya menyesuaikan jenis ikannya. Semua harga tersebut sudah termasuk bea memasak.  Yang paling mahal adalah kepiting, karena kepiting di sini khusus dari Papua, per-kilonya bisa mencapai Rp 350.000, berat satu ekor kepiting kurang lebih sekitar 5 ons.  

Untuk minumannya mulai dari Rp 2000 hingga Rp 20.000. Sebentar lagi juga bakal ada menu minuman Kopyor Genjah yang didatangkan khusus dari Pati.

Tamu yang datang bisa memilih ikan sesuai selera kemudian ditimbang baru dimasak dan disajikan. Restoran yang berkapasitas 120 orang ini buka mulai pukul 08.00 hingga 22.00 WIB. Ada pula menu untuk sarapan yaitu bubur manado dan nasi kuning komplit dengan tambahan cakalang pumpies.

 

0 Komentar

    Kirim Komentar

    jogjastreamers

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    Radio GCD  98,6 FM

    Radio GCD 98,6 FM

    Radio GCD 98,6 FM


    JIZ 89,5 FM

    JIZ 89,5 FM

    Jiz 89,5 FM


    SoloRadio 92,9 FM

    SoloRadio 92,9 FM

    Soloradio 92,9 FM SOLO


    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini