Pariwisata

Telaga Biru Gunungkidul yang Instagrammable

Oleh : Wirawan Kuncorojati / Rabu, 02 Mei 2018 15:00
Telaga Biru Gunungkidul yang Instagrammable
Telaga Biru, Gunungkidul - Gudegnet/ Trida

 

Gudegnet - Gunungkidul memang memilili pesona alam yang menawan. Selain pantai-pantainya yang telah lama jadi tujuan wisata, di daerah Ngentak, Candirejo, Semin, Gunungkidul, ada destinasi yang disebut mirip dengan Raja Ampat. Namanya Tlogo Biru.

Kolam di perbukitan kapur lokasi penambangan ini memang sekilas mirip dengan kepulauan di Papua tersebut. Dilihat dari atas bukit, terhampar pemandangan berupa kolam yang terbentuk dari aktivitas tambang yang terisi air berwarna biru, dengan tebing kapur di sekitarnya.

Keindahan kolam tersebut membuatnya menjadi lokasi favorit pengunjung untuk ber-selfie. Sekitar lokasi yang merupakan perbukitan dan persawahan juga membuat mata segar. Pas untuk yang ingin rehat sejenak dari rutinitas. Coba saja datang pagi-pagi atau sore saat sunset, tentunya bisa jadi latar belakang foto yang apik.

Kolam tersebut nampak indah terutama dilihat dari puncak bukit. Jalan menuju puncak tersebut tak terlalu jauh. Kita tinggal mengikuti plang-plang penunjuk yang telah terpasang.

Supaya lebih nyaman melewati jalan yang cukup berbatu, disarankan mengenakan sepatu atau sandal gunung. Tentunya tetap berhati-hati, karena jalan tersebut juga dilalui oleh truk penambang, dan dari bukit tersebut belum ada pembatas.

Priyo Utomo, ketua RT setempat mengatakan bahwa tempat ini milai dikenal kira-kira sejak 5 tahun yang lalu. Aktivitas tambang membentuk kolam-kolam yang terisi air hujan tersebut.

Tadinya, lokasi telaga biru tersebut merupakan gunung kapur. Aktivitas penambangan sendiri menurut Priyo sudah ada sejak lama, kira-kira 20 tahun yang lalu.

"Ramai kalau Sabtu Minggu atau hari libur, terutama sore hari," kata Priyo.  Untuk mengunjungi tempat ini tak dipungut biaya retribusi, cukup siapkan uang untuk membayar parkir yang dikelola oleh warga sekitar.


0 Komentar

    Kirim Komentar


    jogjastreamers

    SWARAGAMA 101.7 FM

    SWARAGAMA 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    UNIMMA FM 87,60

    UNIMMA FM 87,60

    Radio Unimma 87,60 FM


    GERONIMO 106,1 FM

    GERONIMO 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    SOLORADIO 92,9 FM

    SOLORADIO 92,9 FM

    Soloradio 92,9 FM SOLO


    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini