Berita

Awal Musim Hujan di Tujuh ZOM DIY Mundur

Oleh : Trida Ch Dachriza / Kamis, 13 September 2018 12:42
Awal Musim Hujan di Tujuh ZOM DIY Mundur
Prakiraan Sifat Musim Hujan 2018/2019 di DIY via @StaklimJogja


Gudeg.net —  Suhu permukaan laut di wilayah perairan Indonesia hingga akhir Juli 2018 kondisi umumnya berada pada kondisi netral dengan anomali suhu berkisar -1°C s/d +1°C. Sementara anomali suhu permukaan lautnya hingga -2°C terjadi di perairan di selatan Jawa dan Bali.

Zona Musim (ZOM) adalah daerah yang mempunyai batas yang jelas antara periode musim hujan dan periode musim kemarau (umumnya pola Monsun). Non Zom adalah daerah-daerah yang tidak mempunyai batas yang jelas antara periode musim hujan dan periode musim kemarau. Biasanya ini adalah daerah yang sepanjang tahun curah hujannya tinggi atau rendah.

Berdasarkan hasil analisis data periode 30 tahun (1981-2010), secara klimatologis wilayah D. I. Yogyakarta terdapat 8 pola hujan yang merupakan ZOM. Data ini dilansir Buletin Iklim BMKG edisi September 2018.

Jika dibandingkan terhadap rata-rata 30 tahun (1981-2010), perkiraan musim hujan yang mundur sebanyak 7 ZOM (87.5% ), sedangkan daerah yang sama dengan rata-ratanya hanya 1 ZOM (12.5%). Daerah yang sama dengan rata-ratanya adalah Kabupaten Sleman (Sebagian kecil Kecamatan Tempel, sebagian besar Kecamatan Turi, Pakem, dan Cangkringan). Diperkirakan mundur dari rata-ratanya ada Kabupaten Kulonprogo, sebagian besar Kecamatan di kabupaten Sleman, Kota Yogyakarta, Kabupaten Bantul, dan Kabupaten Gunungkidul.

Sifat hujan selama musim hujan nanti diperkirankan 5 ZOM ada di kategori Normal (N), sedang 3 ZOM yang lain di Bawah Normal (BN). Dalam kategori Normal ada Kabupaten Kulon Progo (Sebagian kecil Kecamatan Kokap, Pengasih dan Nanggulan, Seluruh Kecamatan Girimulyo, Samigaluh, Kalibawang dan Girimulyo), Kabupaten Sleman (Sebagian besar kecamatan di Kabupaten Sleman), Kota Yogyakarta (Sebagian besar kecamatan di Kota Yogyakarta), dan Kabupaten Bantul (Sebagian kecil Kecamatan Sedayu dan Piyungan).

Sedang daerah yang berada di kategori Bawah Normal ada Kabupaten Kulon Progo (Sebagian besar Kecamatan Kokap, Pengasih, dan Nanggulan, seluruh Kecamatan Temon, Wates, Panjatan, Galur, Lendah, dan Sentolo), Kabupaten Sleman (Sebagian kecil Kecamatan Moyudan, dan sebagian besar Gamping), Kabupaten Bantul (Sebagian besar kecamatan di Kabupaten Bantul), Kota Yogyakarta (Sebagian kecil kecamatan di Kota Yogyakarta), Kabupaten Gunungkidul (Sebagian kecil Kecamatan Playen dan Ponjong, sebagian besar Kecamatan Wonosari dan Semanu, seluruh Kecamatan Panggang, Saptosari, Tepus, Rongkop, dan Paliyan).

0 Komentar

    Kirim Komentar

    jogjastreamers

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    JogjaFamily 100,2 FM

    JogjaFamily 100,2 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    JIZ 89,5 FM

    JIZ 89,5 FM

    Jiz 89,5 FM


    SoloRadio 92,9 FM

    SoloRadio 92,9 FM

    Soloradio 92,9 FM SOLO


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini