Berita

BPBD DIY Imbau Warga Waspadai Dampak Musim Hujan

Oleh : Rahman / Kamis, 29 November 2018 14:20
BPBD DIY Imbau Warga Waspadai Dampak Musim Hujan
Banjir Dampak Musim Penghujan Yang Melanda Yogyakarta 2017 lalu,Gudeg.net/Rahman

Gudeg.net- Mengingat beberapa hari terjadi hujan yang berintensitas cukup tinggi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menghimbau kepada masyarakat harap waspada akan segala kemungkinan bencana.

Dilangsir melalui Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), DIY sudah mulai memasuki musim penghujan yang cukup merata diseluruh daerah yang diperkirakan berlangsung hingga awal bulan Januari 2019. Waspada terhadap kemungkinan banjir dan longsor pada daerah yang termasuk rawan bencana.

Biwara Yuswantara Kepala Pelaksana BPDB DIY mengatakan,"Hujan dengan intesitas sedang hingga tinggi yang disertai angin kencang akan mengakibatkan meluapnya sebagian sungai dan dapat menyebabkan bergeraknya tanah yang berakibat bencana longsor," ujar Biwara,(28/11)

Birawa juga menegaskan seluruh potensi yang ada dalam BPBD telah disiapsiagakan dalam penanggulangan bencana di musim penghujan ini. Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD disiagakan disejumlah titik seperti Bantaran Sungai DIY, Lereng Merapi,dan Kawasan Perbukitan Gunung Kidul.

Selama musim hujan ini BPBD DIY bekerjasama dengan BMKG terus mamantau perkembangan cuaca ekstrem yang terjadi dan tentang dampak bencana yang akan melanda. Perubahan cuaca ektstrem sering memicu berbagai dampak bencana yang terkadang tidak dapat diprediksikan.

Oleh karena itu BPBD secara tegas menghimbau bagi warga yang berada di daerah rawan bencana seperti bantaran sungai agar meningkatkan kewaspadaannya. Selain banjir terdapat juga potensi tanah bergerak yang mengakibatkan longsor.

0 Komentar

    Kirim Komentar

    jogjastreamers

    SWARAGAMA 101.7 FM

    SWARAGAMA 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    GERONIMO 106,1 FM

    GERONIMO 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    JIZ 89,5 FM

    JIZ 89,5 FM

    Jiz 89,5 FM


    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    MBS 92,7 FM

    MBS 92,7 FM

    MBS 92,7 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini