Hiburan

Kostum Unik Ramaikan Pawai Grebeg Pasar Yogyakarta

Oleh : Rahman / Minggu, 21 Oktober 2018 19:18
Kostum Unik Ramaikan Pawai Grebeg Pasar Yogyakarta
Sejumlah pedagang yang berasal dari berbagai pasar tradisonal melaksanakan Pawai Grebeg Pasar dalam rangka memperingati HUT Yogyakarta ke 262 disepanjang jalan dari Pasar Briharjo menuju Plasa Ngasem Yogyakarta,(20/10),Gudeg.net/Rahman

Gudeg.net- Ribuan pedagang mengikuti Kirab Grebeg Pasar yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Yogyakarta. Dengan menggunakan berbagai kostum unik dan menarik mereka menghiasi jalan sepanjang rute kirab dari Pasar Bringharjo menuju Plasa Ngasem Yogyakarta,(20/10).

Seperti kontingen yang berasal dari Pasar Giwangan mereka menampilkan puluhan Pasukan Bregada lengkap dengan atributnya yang berasal dari Sanggar Kesenian Pasar Kota (Kapeka) dan dari kontingen Pasar Demangan yang mengenakan kostum baju kebaya namun mengenakan topeng serta karakter Honoman yang bertingkah lincah menari disepanjang jalan.

Tidak tertinggal juga puluhan karakter pewayangan seperti petruk,gareng, kurawa hingga butho cakil putih dan merah yang bertingkah lucu menghibur warga yang menyaksikan pawai.

Mereka membawa sekitar 30 gunungan yang berasal dari 30 pasar tradisional  yang berbeda. Dengan beragam penampilan tersebut, mereka membuat warga yang menyaksiikan kirab merasa terhibur.

Johari peserta kirab mengatakan, "Kami mempersiapkan semua ini sudah sejak seminggu lalu,dari atribut kostum hingga pengisian gunungan yang merupakan kumpulan seikhlasnya dari para pedagang," ujarnya saat diwawancara.

Seluruh kontingen nantinya akan mendisplay penampilan mereka tepat di Plasa Ngasem di depan Wakil Wallikota Yogyakarta Heroe Poerwadi dan para tamu undangan. Mereka mendapat waktu 10 menit untuk mempertunjukan setiap penampilannya.

Wawali mengungkapkan bahwa Grebeg Pasar ini merupakan wujud rasa bersyukur para pedagang dengan cara membagikan apa yang mereka punya. Melalui gunungan yang mereka bawa mencerminkan pasar tradisional dimana tempat mereka berada. Dan dihiasi dengan atraksi kesenian karena Yogyakarta adalah kota kesenian.

Dan diakhir acara seluruh gunungan yang mereka bawa akan dirayah atau diperebutkan oleh seluruh warga yang hadir di Plasa Ngasem sejak siang hari.

 

0 Komentar

    Kirim Komentar

    jogjastreamers

    Argososro 93,2 FM

    Argososro 93,2 FM

    Argososro 93,2 FM


    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    Unisi 104,5 FM

    Unisi 104,5 FM

    Unisi 104,5 FM



    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini