Hiburan

Grebeg Pasar 2018: Bukti Masih Eksisnya Pasar Tradisional

Oleh : Rahman / Sabtu, 20 Oktober 2018 19:20
Grebeg Pasar 2018: Bukti Masih Eksisnya Pasar Tradisional
Grebeg Pasar Melintasi Jalan Menuju Pasar Ngasem Yogyakrta,(20/10),Gudeg.net/Rahman

Gudeg.net-  Grebeg Pasar yang merupakan rangkaian dari agenda HUT Kota Yogyakarta ke 262 kembali digelar di Pasar Ngasem Yogyakarta,(20/10). Acara yang didukung penuh oleh Pemerintah Kota Derah Istimewa Yogyakarta (DIY) ini diawali dengan kirab ribuan pedagang yang berasal dari berbagai pasar tradisonal di seluruh daerah Yogyakarta.

Mereka mempersiapkan 30 gunungan yang berasal dari 30 pasar tradisonal. Gunungan berisikan beraneka sayur mayur,buah-buahan,alat rumah tangga,sembako hingga batik.

Dengan mengambil rute kirab dari Pasar Bringharjo Malioboro menuju Pasar Ngasem yang berjarak sekitar 5 km. Setibanya dititik akhir yaitu Pasar Ngasem gunungan akan dinilai oleh tim juri. Dan setelah itu dipersilahkan untuk dirayah atau diperebutkan oleh warga yang hadir dalam Grebeg Pasar ini.

Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi mengatakan," Dengan adanya Grebeg Pasar ini kita bisa membuktikan bahwa  pasar tradisional tetap ada dan eksis,tidak seperti yang diberitakan," ujarnya Wawali.

Para peserta Grebeg Pasar menampilkan berbagai macam atribut kostum dan tarian yang mereka kreasikan sendiri. Nantinya akan dinilai oleh para juri setelah mereka mendisplay penampilannya di Pasar Ngasem. Penilaian meliputi kekompakan gerak kirab,kreativitas penampilan hingga isi gunungan yan sesuai tema grebeg.

Gebeg Pasar kali ini mengangkat tema Tradisonal dan Millenial dengan tujuan bahwa pada dasarnya pasar tradisonal masih tetap dibutuhkan oleh orang-orang di jaman millenial saat ini dan tidak kalah kualitas dengan pasar modern.

Johari peserta kirab mengatakan," Dengan grebeg pasar ini kami ingin membuktikan bahwa komoditi pasar tradisonal tidak kalah secara kualitas dengan supermarket yang lebih sering didatangi oleh orang-orang millenial sekarang," ujarnya saat diwawancara seusai grebeg.

Di Pasar Ngasem sendiri telah berkumpul ribuan warga yang akan memperebutkan isi gunungan Grebeg Pasar. Karena terlalu antusias memperebutkan isi gunungan sempat terjadi kesalahpahaman antara warga dan panitia. Namun dapat diantisipasi oleh puluhan tim keamanan yang ada.

 

0 Komentar

    Kirim Komentar

    jogjastreamers

    Argososro 93,2 FM

    Argososro 93,2 FM

    Argososro 93,2 FM


    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    Unisi 104,5 FM

    Unisi 104,5 FM

    Unisi 104,5 FM



    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini