Berita

Pemerintah Kota Yogyakarta Gelar Deklarasi Cegah Stunting

Oleh : Rahman / Jumat, 14 Desember 2018 13:10
Pemerintah Kota Yogyakarta Gelar Deklarasi Cegah Stunting
Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi Menandatangani Deklarasi Cegah Stunting di GOR Amongrogo Yogyakarta,(14/12),Gudeg.net/Rahman

Gudeg.net- Bahaya akan stunting atau hambatan pertumbuhan pada anak dapat menjadi ancaman bagi masa depan Indonesia. Untuk itu Pemerintah Kota Yogyakarta melakukan Gerakan Kampanye Nasional Pencegahan Stunting di GOR Amongrogo Yogyakarta,jum’at(14/12).

Kampanye dimulai dengan senam zumba, bersama ratusan warga yang didominasi oleh kaum wanita di halaman GOR Amongrogo dan dilanjutkan dengan pembacaan Deklarasi Cegah Stunting yang dihadiri oleh Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi dan Kepala Bappeda DIY Tavip Agus Rayanto.

“Secara fisik stunting itu mengalami kekerdilan akan tetapi sebenarnya semua itu dalam konteks tingkat asupan gizi masyarakat yang kurang baik,” ujar Tavip Agus Rayanto Kepala Bappeda DIY.

Tavip juga menegaskan bahwa Pemerintah Kota dan Pemerintah Kabupaten DIY memiliki semangat yang sama dalam pencegahan stunting. Karena  keberlangsungan DIY nantinya akan berada pada sumber daya manusia yang pintar dengan asupan gizi yang baik,tutur Taviv.

Stunting sendiri adalah suatu kondisi dimana terhambatnya pertumbuhan seorang anak yang menyebabkan gagal memiliki tinggi yang ideal diusianya. Hal tersebut disesabkan dari kurangnya asupan gizi yang nantinya dapat berdampak pada rentan terserang penyakit dan kegemukan.

Wawali Yogyakarta Heroe Poerwadi mengatakan,” Pemerintaha Kota terus menggadakan sosialisasi tentang pencegahan stunting melalui workshop-workshop ke berbagai daerah,”ujarnya saat diwawancara.

Wawali menuturkan bahwa stunting menyangkut gizi buruk namun tidak hanya terjadi pada keluarga miskin saja,ada terjadi juga pada keluarga berkecukupan. Dan itu dikarenakan beragam hal seperti sang ibu dalam keadaan hamil tetapi tetap  program diet.

Acara Gerakan Kampanye Nasional Pencegahan Stunting ini juga diisi dengan beragama stand yang menyuguhkan makanan dan minuman yang bergizi baik dan pelayanan kesehatan bagi ibu meliputi pengecekan tensi darah serta edukasi pencegahan stunting.

Pemerintah Kota Yogyakarta dan Bappeda DIY berharap agar seluruh masyarakat mulai memberikan asupan gizi yang baik bagi anak-anaknya demi menjaga agar terhindar dari kasus stunting.

“Cegah Stunting Itu Penting,”  pekik Kepala Bappeda saat diakhir pembacaan deklarasi.

 

0 Komentar

    Kirim Komentar

    jogjastreamers

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    MBS 92,7 FM

    MBS 92,7 FM

    MBS 92,7 FM


    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    Unisi 104,5 FM

    Unisi 104,5 FM

    Unisi 104,5 FM


    JogjaFamily 100,2 FM

    JogjaFamily 100,2 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini