Tips Hari Ini

Gaya Hidup Sehat untuk Gigi yang Sehat

Oleh : Wirawan Kuncorojati / Kamis, 24 Januari 2019 11:00
Gaya Hidup Sehat untuk Gigi yang Sehat
Pixabay

 

Gigi yang berlubang jika tak segera diobati dapat menjadi investasi untuk penyakit kronis. Bagaimana cara untuk menjada gigi tetap sehat? Simak info dari Kementerian Kesehatan RI berikut:

Untuk menjaga gigi tetap sehat, gosok gigi dua kali sehari dengan pasta gigi yang mengandung fluoride dan periksa ke dokter gigi minimal 6 bulan sekali. Selain itu, diet sehat dan menghindari rokok dan alkohol berpengaruh pada kesehatan gigi.

#1 Diet Sehat

Apa yang kita makan dan minum dapat menyebabkan kerusakan gigi (karang gigi dan gigi berlubang) sehingga diet sehat dengan diet seimbang penting untuk menjaga kesehatan gigi.

Diet sehat mengandung makanan dari kelompok buah-buahan, sayur mayur, karbohidrat, protein nabati/ hewani, dan produk susu.

#2 Batasi Gula

Membatasi jumlah gula pada makanan dan minuman yang kita konsumsi dapat mencegah kerusakan gigi.

Konsumsi makanan yang banyak mengandung gula diperbolehkan saat makan siang, dan hindari camilan yang manis sebelum dan sesudah makan siang.

Kandungan gula pada makanan dan minuman banyak terdapat pada makanan/ minuman instan seperti permen, cokelat, kue dan biskuit, roti, pai buah, puding, teh manis, sereal manis, selai, es krim, buah beku, sirup rasa buah, minuman bersoda, jus buah, serta minuman beralkohol.

#3 Hindari Rokok

Merokok dapat membuat warna gigi menjadi kuning. Selain itu, merokok juga menyebabkan bau mulut, meningkatkan risiko sakit pada gusi, dan kanker paru-paru.

Jika anda mengisap lebih dari 20 batang rokok sehari, anda 6 kali lebih berisiko terkena kanker mulut dibandingkan dengan non perokok. Jadi, berhentilah merokok jika ingin lebih sehat dan terlihat awet muda.

#4 Batasi alkohol

Konsumsi alkohol yang berlebihan meningkatkan risiko kanker mulut. Berdasarkan penelitian kanker di Inggris, 75-80% pasien kanker mulut akibat rajin minum alkohol. Alkohol juga dapat merusak bagian luar gigi sehingga gigi dapat terkikis dan membusuk.

#5 Kurangi konsumsi makanan/ minuman yang dapat menodai gigi

Selain berhenti merokok, jika ingin memiliki senyum dengan gigi yang putih, kita harus mengurangi konsumsi makanan/ minuman yang dapat menodai gigi seperti anggur merah, teh, dan kopi. Batasi atau hentikan konsumsinya agar gigi anda tidak ternoda.

0 Komentar

    Kirim Komentar

    jogjastreamers

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    JIZ 89,5 FM

    JIZ 89,5 FM

    Jiz 89,5 FM


    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    JogjaFamily 100,2 FM

    JogjaFamily 100,2 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    MBS 92,7 FM

    MBS 92,7 FM

    MBS 92,7 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini