Berita

Abdi Dalem Pakualaman Jalani Pemeriksaan Mata Gratis

Oleh : Rahman / Jumat, 01 Februari 2019 15:03
Abdi Dalem Pakualaman Jalani Pemeriksaan Mata Gratis
Seorang Abdi Dalem sedang Menjalani Pemeriksaan Mata di Kompleks Puro Pakualaman Yogyakarta(1/2),Gudeg.net/Rahman

Gudeg.net- Pura Pakualaman menggelar Pemerikasaan Mata Gratis pada Keluarga abdi dalem Kadipaten Pakualam yang diselenggarakan di Kagungan Dalem Gedhong Danawara Kompleks Pura Pakualaman, Jum’at(1/2).

Kegiatan yang bersifat internal ini merupakan salahsatu dari rangkaian acara menyambut Hadeging Praja Dalem Kadipaten Pakualam yang ke-213 dan bekerjasama dengan Rumah Sakit Mata (RSM) Dr.YAP Yogyakarta.

KGBRAy Paku Alam X mengatakan bahwa pemeriksaan terhadap para abdi dalem Kadipaten Pakualaman sangatlah penting sebagai penunjang aktifitas di dalam Pura Pakualaman.

"Banyak abdi dalem yang sudah sepuh dan butuh pemeriksaan mata agar dapat dicek dan bila diperlukan akan diberikan kacamata secara  gratis untuk digunakan beraktifitas," ujarnya.

KGBRaypun menambahkan bahwa para abdi dalem yang membutuhkan kacamata nantinya akan diberi dana bantuan atau subsidi senilai Rp.100 ribu untuk membeli diluar bila stok yang sediakan disini tidak ada, tambahnya.

Wakil Direktur Pelayanan dan Pendidikan RSM Dr Yap Yogyakarta, dr Rastri Paramita SpM menjelaskan kegiatan ini akan memeriksa secara keseluruhan kesehatan mata para abdi dalem.

"Kita akan periksa mata mereka secara menyeluruh dan apabila ditemukan gejala penglihatan tidak normal nanti akan diperiksa lebih lanjut atau cukup dengan bantuan kacamata saja," jelasnya.

Dan apabila ditemukan penyakit seperti diabetes atau kelainan pada glukoma kami akan memberikan obat dan akan diberikan terapi lanjutan untuk mengendalikan penyakit tersebut agar tidak merambat kepada gangguan penglihatannya, papar dr. Rastri saat diwwancara.

Pihak RSM dr. YAP membawa sekitar 12 tenaga medis mata yang terdiri dari dokter spesialis mata, dokter umum, perawat dan apoteker. Pemeriksaan yang dilakukan diantaranya cek mata minus/plus dengan alat autorefractometer dan pemeriksaan mata bagian dalam menggunakan alat oftalmoskop serta menyiapkan sekitar 250 kacamata yang akan dibagikan gratis kepada  asbdi dalem yang membutuhkan. 

Puwadiono abdi dalem Pakualaman yang sempat diperiksa matanya menuturkan, pemeriksaan mata ini sangat membantu para abdi dalem untuk mengetahui tentang kesehatan mata.

"Cek mata ini sangat membantu kami dan kami merasa senang bahwa pihak Puro juga memerhatikan kesehatan kami terutama buat abdi dalem yang sudah sepuh," tuturnya.

Ia berharap agar pemeriksaan mata gratis ini terus dilanjutkan karena dari tahun ke tahun usia para abdi dalem ada yang bertambah tua dan penglihatannya sudah mulai berkurang.

0 Komentar

    Kirim Komentar

    jogjastreamers

    SWARAGAMA 101.7 FM

    SWARAGAMA 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    GERONIMO 106,1 FM

    GERONIMO 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    ARGOSOSRO FM 93,2

    ARGOSOSRO FM 93,2

    Argososro 93,2 FM


    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    MBS 92,7 FM

    MBS 92,7 FM

    MBS 92,7 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini