Seni & Budaya

Peringati Naiknya Tahta Raja, Keraton Gelar Simposium dan Pameran Naskah Kuno

Oleh : Rahman / Jumat, 08 Februari 2019 16:28
Peringati Naiknya Tahta Raja, Keraton Gelar Simposium dan Pameran Naskah Kuno
Konferensi Pers Peringatan Mangayubagya Sri Sultan HB X Bertahta di Bale Raos Kompleks Keraton Yogyakarta,(8/2),Gudeg.net/Rahman

Gudeg.net- Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat akan menggelar Simposium Internasional dan Pameran Naskah dalam rangka memperingati Tinggalan Jumeneng Dalem atau Ulang Tahun Kenaikan Tahta Sri Sultan Hamengkubuwono X.

Penghageng Kawedanan Hageng Nitya Budaya dan Tepas Museum Keraton Jogjakarta, Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Bendoro mengatakan kedua agenda tersebut akan dilaksanakan pada bulan Maret mendatang.

“Simposium Internasioal akan digelar pada 5-6 Maret sedangkan Pameran Naskah pada 7 Maret hingga 7 April 2019,” ujarnya di Bale Raos Kompleks Keraton,jum’at(8/2).

Ia menambahkan bahwa untuk Simmposium Internasional nantinya akan akan mengangkat tema ‘Budaya Jawa dan Naskah Keraton Yogyakarta yang akan diisi oleh sejarwan budaya Jawa dari luar negeri dan Kurator British Library. Dimana akan membahas sejumlah naskah milik Keraton yang hilang sejak peristiwa Geger Sepehi tahun 1812.

“Kebanyakan naskah tersebut berada di British Library negara Inggris dan tahun ini akan dikembalikan dalam bentuk digital oleh karena itu momentum ini sangat penting agar pengetahuan Jawa yang hilang akan bangkit kembali,” jelas GKR Bendoro.

Sedangkan untuk Pameran Naskah yang merupakan puncak dari seluruh acara peringatan Mangayubagya 30 tahun Masehi Sri Sultan HB X Bertahta ini akan memamerkan naskah-naskah fisik koleksi Sri  Sultan HB V.

“Yang akan dipamerkan sejumlah naskah diantaranya Babad, Serat, dan Cathetan Warni Warni dari perpustakaan Keraton, KPH Widyabudaya,” tutur Bendoro.

Selain itu juga akan dipamerkan teks-teks Bedhaya, Srimpi, dan Pethilan Beksan, serta Cathetan Gending yang berasal dari perpustakaan KHP Kridhamardawa dan beberapa koleksi Bebadan Museum Karaton Ngayogyakarta untuk mendukung visual naskah.

“Dengan mempertimbangkan ruang pameran maka naskah yang akan dipamerkan rencananya berjumlah 75 saja dari ratusan naskah hasil digitallisasi British Library dan juga,” ungkap GKR Bendoro saat diwawancara.

Simposium Internasional akan dilangsungkan di Grand Royal Ambarukmo Hotel yang rencananya akan dibuka oleh Sri Sultan HB X dengan hiburan tari Beksan Jebeng yang merupakan karya Sri Sultan HB 1.

“Pameran naskah sendiri akan dilangsungkan di Kagungan Dalem Bangsal Pagelaran Keraton Yogyakarta dan juga akan dibuka secara resmi oleh Sri Sultan HB X,” kata Bendoro.

0 Komentar

    Kirim Komentar

    jogjastreamers

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    JIZ 89,5 FM

    JIZ 89,5 FM

    Jiz 89,5 FM


    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    SoloRadio 92,9 FM

    SoloRadio 92,9 FM

    Soloradio 92,9 FM SOLO


    GCD 98,6 FM

    GCD 98,6 FM

    Radio GCD 98,6 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini