Lingkungan Hidup

Dahulu Kotor dan Bau, Kini Kali Waras Jadi Lokasi Festival Jazz

Oleh : Trida Ch Dachriza / Rabu, 10 April 2019 17:06
Dahulu Kotor dan Bau, Kini Kali Waras Jadi Lokasi Festival Jazz
Bupati Sleman meninjau Kali Waras yang kini bersih dan bebas bau/Dok.ist


Gudeg.net—Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) yang digagas oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat kembali melahirkan proyek yang pembangunan infrastruktur untuk rakyat. Kali ini di area kali Waras, Dusun Ngropoh, Desa Condongcatur, Kecamatan Depok, Sleman.

Diresmikan Senin (8/4) oleh Bupati Sleman, Sri Purnomo, Kali Waras yang dulu kotor dan berbau tidak sedap kini telah menjadi Ruang Terbuka Hijau (RTH), jalan sudah dibangun, begitu pula dengan drainasenya.

“Dulu kalau lewat kali ini pasti tutup hidung, karena bau dari sampah”, ujar Reno Chandra Sangaji, Kepala Desa Condongcatur, di sela-sela pembukaan (8/4).

Tak hanya dibersihkan, lokasi ini juga ditata apik. Untuk memaksimalkan RTH ini, dari pihak pemerintah desa sudah menyiapkan beberapa event yang akan digelar di kawasan RTH tersebut.

Reno menjabarkan akan ada agenda bulanan seperti lomba memancing, sepedaan bersama, dan tidak ketinggalan, Condongcatur Art Festival (CAF). Salah satu bagian dari CAF tersebut akan menampilkan Festival Jazz Lepen.

“Nanti sungai yang sudah dibersihkan akan digunakan pemerintah desa untuk festival jazz itu,” ungkapnya lebih jauh.

Dari pihak pemerintahan kabupaten sendiri sangat mengapresiasi program Kotaku dan kegiatan tersebut. Sri Purnomo mengatakan jika sungai bersih, sangat baik dijadikan tempat rekreasi.

“Negara maju sangat memperhatikan kebersihan sungai dan sekitarnya. Ini perlu kita tiru agar sungai dapat berfungsi seperti semestinya,” kata Bupati dua periode tersebut di acara yang sama. Diharapkan program tersebut dapat mendukung terwujudnya pemukiman perkotaan yang layak huni, produktif dan berkelanjutan. 

0 Komentar

    Kirim Komentar

    jogjastreamers

    SWARAGAMA 101.7 FM

    SWARAGAMA 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    GERONIMO 106,1 FM

    GERONIMO 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    MBS 92,7 FM

    MBS 92,7 FM

    MBS 92,7 FM


    JIZ 89,5 FM

    JIZ 89,5 FM

    Jiz 89,5 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini