Berita

Balai Rukun Warga Prawirodirjan Ambruk Tergerus Luapan Kali Code

Oleh : Rahman / Rabu, 05 Desember 2018 10:33
Balai Rukun Warga Prawirodirjan Ambruk Tergerus Luapan Kali Code
Bangunan Balai RW 18 Prawirodirjan yang Terdampak Longsor,(4/12),Gudeg.net/Rahman

Gudeg.net- Bencana longsor terjadi akibat dampak dari meluapnya air sungai di bantaran Kali Code paska hujan besar yang terjadi pada selasa malam,(4/12). Dampaknya sebuah Balai Rukun Warga Rw 18 Rt 59 di Kelurahan Prawirodirjan Kecamatan Gondomanan mengalami pergeseran tanah yang mengakibatkan ambruknya bangunan tersebut pada rabu pagi,(5/12).

“Terjadinya sekitar subuh pagi tadi seketika saja tanggul jebol dibagian dalamnya dan membuat bangunan yang biasanya digunakan warga berkegiatan ini ambruk setengahnya,” ujar Wikan Eko Pramudji Kepala Rw 18.

Wikan juga menambahkan bahwa tanggul penahan bangunan tersebut sudah cukup tua dan sangat mudah ambruk bila terkena gerusan air. Dan yang terdampak dari tergerusnya tanggul terdapat 7 Kepala Keluarga yang terdiri dari 18 jiwa disepanjang 50 meter bangunan berderet.

Dan seluruhnya telah diungsikan ke tempat yang lebih aman untuk mengantisipasi bila terjadi longsor susulan dan kebetulan mereka semua disini satu keluarga jadi dekat untuk mengungsi sementara,tambahnya.

Kepala Kecamatan Gondomanan Agus Arif Nugroho yang langsung mennguunjungi tempat terjadinya longsor mengatakan bahwa pihaknya langsung berkoordinasi dengan Dinas terkait untuk mengantisipasi longsor susulan.

“Yang paling utama adalah penyelamata jiwa terlebih dahulu dan pengamanan kawasan yang longsor dengan cara identifikasi untuk merencanakkan apa yang harus segera dilakukan,” ujarnya saat diwawancara di lokasi longsor.

Agus Arif juga menambahkan bahwa Pememerintah Kota telah langsung berkoordinnasi dengan Dinas Pekerjaan Umum (PU) untuk pemasangan bronjong disepanjang hampir 50 meter area lokasi longsor.

Pemasangan bronjong diharapkan dapat mengantisipasi bangunan agar tidak terjadi longsor kembali akibat dari derasnya aliran Kali Code di musi penghujan ini,tambah Agus Arif.

Sepanjang pantauan Gudeg.net,lokasi terjadinya longsor telah diberi garis polisi agar warga tidak ada yang beraktivitas disekitanya. Tim BPBD Kota Yogyakarta dan para Relawan Rescue Kali Code terus melakukan penambahan kantung pasir guna menahan derasnya aliran sungai bila terjadi luapan susulan.

0 Komentar

    Kirim Komentar

    jogjastreamers

    SWARAGAMA 101.7 FM

    SWARAGAMA 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    GERONIMO 106,1 FM

    GERONIMO 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    GCD 98,6 FM

    GCD 98,6 FM

    Radio GCD 98,6 FM


    ARGOSOSRO FM 93,2

    ARGOSOSRO FM 93,2

    Argososro 93,2 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini