Seni & Budaya

Belajar Budaya Yogyakarta, Peserta Kemah Budaya Kunjungi Kamwis Dipowinatan

Oleh : Rahman / Jumat, 12 Juli 2019 12:28
Belajar Budaya Yogyakarta, Peserta Kemah Budaya Kunjungi Kamwis Dipowinatan
Peserta Kemah Budaya Pramuka se-Jawa berlatih membatik pada saat kunjungan ke Kampung Wisata Dipowinatan Yogyakarta,(11/7)Gudeg.net/Rahman

Gudeg.net- Ratusan peserta Kemah Budaya Pramuka se-Jawa (KBPJ) melakukan kunjungan ke Kampung Wisata Dipowinatan Mergangsan, Kamis (11/7).

Dalam kunjungan yang merupakan salah satu agenda KBPJ ini mereka dikenalkan kepada sejumlah kerajinan dan makanan tradisional khas Yogyakarta. Yang diperkenalkan diantaranya wayang kulit, batik, makanan khas kipo dan permainan egrang.

Deni salah satu peserta KBPJ asal Jakarta mengatakan, dirinya baru pertama kali mengikuti KBPJ dan baru pertama kali juga belajar membatik.

“Disini dilatih membatik, dari gamabar pola sampai pewarnaan. Dan serunya lagi batik hasil kita dapat dibawa pulang sebagai cinderamata,” ujarnya.

Deni menambahkan, dengan acara kemah budaya ini dirinya berserta peserta lainnya banyak mendapatkan pengalaman baru terlebih bisa mengenal kebudayaan Yogyakarta yang biasanya hanya dapat didengar melalui cerita.

“Di Kampung ini orangnya ramah-ramah dan ketika kami datang sudah dijamu dengan makanan khas kipo dan minuman segar. Dan yang nerima kami memakai pakaian adat Jawa, keren kalau menurut saya,” tambahnya seusai memola batik.

Deni dan peserta lainnya terlihat sangat antusias pada saat membuat sketsa batik yang mereka buat. Mereka diperkenalkan dengan batik dari tahapan memola, mencanting hinga proses celup warna dasar pada batik.

Sementara itu Wakil Walikota Heroe Poerwadi yang turut hadir pada kunjungan ini menyatakan kegiatan ini sangat berguna bagi para peserta KBPJ karena dapat mengenal potensi kebudayaan Yogyakarta.

“Kegiatan ini dalam rangka saling mengenalkan proses pengelolaan seni dan budaya di kampung-kampung wisata yang ada di Kota Yogyakarta. Dan selain itu juga sebagai salah satu gerakan menjaga budaya lokal agar tetap dikenal dan lestari bagi generasi mendatang,” kata Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Kota Yogyakarta itu.

Pria yang akrab disapa Wawali itu juga mengapresiasi kepada Kmapung Wisata Dipowinatan yang selalu siap bila ada kunjungan mendadak oleh para wisatawan atau lainnya.

“Kampung Wisata Dipowinatan ini memang salah satu kampung yang sudah sangat siap untuk menerima kunjungan wisatawan baik secara mendadak ataupun terkonsep dengan baik,” jelas orang nomer dua di Pemkot Yogyakarta.

Acara kunjungan semakin seru pada saat para peserta mnegikuti permainan tradisional egrang dan gobak sodor di sebuah lapangan kecil di tengah Kampung Wisata Dipowinatan ini. Dan kegiatan diakhiri dengan ramah tamah dan makan bersama.

Kemah Budaya yang diikuti anggota Pramuka se-Jawa tersebut merupakan wadah bagi generasi muda untuk bisa memahami keragaman budaya Indonesia dan menjaga kelestarian budaya yang telah diwariskan turun temurun oleh nenek moyang.

0 Komentar

    Kirim Komentar

    jogjastreamers

    SWARAGAMA 101.7 FM

    SWARAGAMA 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    GERONIMO 106,1 FM

    GERONIMO 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    ARGOSOSRO FM 93,2

    ARGOSOSRO FM 93,2

    Argososro 93,2 FM


    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    MBS 92,7 FM

    MBS 92,7 FM

    MBS 92,7 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini