Pendidikan

Formasi Garuda Pancasila Tutup PPSMB UGM

Oleh : Rahman / Sabtu, 10 Agustus 2019 17:23
Formasi Garuda Pancasila Tutup PPSMB UGM
Foto udara formasi Garuda Pancasila oleh ribuan maba UGM di Lapangan Grha Sabha Pramana,(9/8)Gudeg.net/Rahman

Gudeg.net- Ribuan mahasiswa baru Universitas Gadjah Mada membentuk formasi bergambar Garuda Pancasila lengkap dengan gambar peta di Lapangan Grha Sabha Pramana (GSP), Jum’at (9/8).

Dengan mengenakan topi caping berwarna merah dan putih, kertas asturo dan pom-pom, sekitar 8.408 mahasiswa ini berkreasi membentuk formasi agar mirip dengan simbol persatuan dari setiap sila Pancasila.

Terdapat 10 buah formasi yang dibuat oleh ribuan mahasiwa tersebut diantaranya Garuda Pancasila, diikuti simbol sila pertama berupa kumpulan rumah ibadah. Lalu, fomasi sila ketiga berupa simbol gambar tangan, sila keempat dangan simbol gambar Soekarno dan Hatta. Selanjutnya formasi sila kelima berupa gambar timbangan.

Dan pada formasi terakhir mereka membuat formasi Garuda Pancasila dengan latar warna bendera merah putih beserta slogan Integritas UGM, Integrasi Nasional dengan menggunakan pom-pom dengan warna merah dan putih.

Kegiatan ini merupakan puncak dari rangkaian kegiatan Pelatihan Pembelajar Sukses bagi Mahasiswa Baru (PPSMB) selama sepekan, 3-9 Agustus 2019 sebelum kegiatan perkuliahan resmi dimulai. 

Pada acara ini turut hadir Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) Jenderal Andika Perkasa sebagai tamu istimewa. Dirinya didaulat untuk memberikan orasi kebangsaan yang menyangkut tentang kecintaann terhadap negeri.

“Selamat menempuh perkuliahan dan lekas lulus agar dapat ikut membangun bangsa Indonesia sesuia dengan bidang kuliah yang kalian ambil,” ujar Kasad Jenderal Andika Perkasa dalam orasinya.

Kasad juga berpesan agar para mahasiswa nantinya dapat berguna bagi masyarakat dengann apa yang didapat pada sistem perkuliahan di UGM. Setelah lulus harus bekerja sesuai dengan bidang ilmu masing-masing. 

“Ikuti jejak para pendahulu UGM seperti Presiden Joko Widodo, Mensesneg Pratikno, Menteri PUPR Basuki Hadimulyono, Menlu Retno Marsudi dan Mantan Wapres RI Boediono. Jadikan mereka semangat untuk sukses dan berhasil,” pesan Kasad.

Kegiatan yang dimulai pada pukul 15.00 WIB tersebut diakhiri dengan kegembiraan, terlebih yang dialami oleh dua mahasiswa baru Tehnik Sipil Ainul Yaqin dan mahasiswa Tehnik Fisika Baiq Melly Ciptayu. Dimana saat itu Kasad menelpon kedua orang tua mereka masing-masing untuk menyampaikan langsung harapan mereka pada anaknya setelah diterima kuliah di UGM.


0 Komentar

    Kirim Komentar


    jogjastreamers

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    SWARAGAMA 101.7 FM

    SWARAGAMA 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    SOLORADIO 92,9 FM

    SOLORADIO 92,9 FM

    Soloradio 92,9 FM SOLO


    UNIMMA FM 87,60

    UNIMMA FM 87,60

    Radio Unimma 87,60 FM


    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    UNISI 104,5 FM

    UNISI 104,5 FM

    Unisi 104,5 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini