Seni & Budaya

Gaung Gamelan, Pembuka Rangkaian YGF ke-24 di Titik Nol Yogyakarta

Oleh : Rahman / Selasa, 20 Agustus 2019 19:06
Gaung Gamelan, Pembuka Rangkaian YGF ke-24 di Titik Nol Yogyakarta
Gaung Gamelan Yogyakarta Gamelan Festival ke-24 di Titik Nol Yogyakarta,(19/8)Gudeg.net/Rahman

Gudeg.net- Salah satu rangkaian acara festival musik gamelan bertaraf Internasional Yogyakarta Gamelan Festival (YGF) ke-24 yaitu Gaung Gamelan sudah dimulai dari Titik Nol Yogyakarta, Senin (19/8) sore.

Gaung gamelan YGF ke-24 kali ini mengangkat tajuk Gending, dimana gending gamelan dimainkan serentak di empat titik Daerah Istimewa Yogyakarta secara bersamaan.

Divisi program YGF Sudaryanto mengatakan, Gaung Gamelan tetap sama pada konsepnya yaitu mengambil filosopfi Jawa empat titik limo pancer.

“Empat titik limo pancer memiliki arti arti empat saudara dan menjadi lima sebagai pusatnya. Oleh karena itu Gaung Gamelan hari ini kami mainkan serentak di empat penjuru atau lokasi DIY,” ujarnya.

Sudaryanto menjelaskan, empat penjuru tersebut diantaranya Sedyo Manunggal (Pakem), Pradangga Sawokembar (GKJ Sawokembar Gondokusuman), Omah Gamelan (Bambanglipuro), Omah Cangkem (Kasihan Bantul), dan HMJ Karawitan Institut Seni Indonesia yang tampil di Kawasan Nol kilometer, Yogyakarta.

“Dengan dimainkannya gending secara serentak, maka harapannya Spirit Gamean dapat terus ada dan tidak luntur di makan oleh perubahan zaman. Sprit Gamelan harus terus digali agar tetap ada pada para seniman dan pelaku gamelan,” jelas pria yang akrab disapa Mas Sudar itu.

Yogyakarta Gamelan Festival (YGF) ke-24 tahun ini mengambil tema NEW GAMELAN, dimana gamelan bukan hanya dipandang dari sisi penyajian dengan gaya atau cara baru, melainkan merespon perkembangan dan harus mampu beradaptasi serta berinovasi dengan jaman sekarang.

Ketua Himpunan Mahasiswa Jurusan Karawitan Institut Seni Indonesia Yogyakarta Agung menuturkan, Yogyakarta Gamelan Festival dapat dikatakan menjadi pemantik para generasi muda untuk mencintai budaya khususnya gamelan.

“Kami merasa sangat senang dan terhormat bisa bergabung dalam pagelaran gamelan bertaraf Internasional ini. Bagi kami YGF merupakan acara besarnya gamelan di Yogyakarta, dimana banyak orang bahkan penikmat gamelan selalu menantinya,” tuturnya saat diwawancara.

Sebagai puncak acaranya Pagelaran Yogyakarta Gamelan Festival 2019 akan diselenggarakan selama tiga hari berturut-turut yang berlokasi di Plaza Ngasem pada tanggal 22-24 Agustus 2019 dimulai pukul 19.00 WIB setiap harinya.

Dan akan menampilkan sejumlah seniman dan pelaku gamelan dari dalam maupun luar negeri diantaranya negara Jepang, Perancis, dan German.


0 Komentar

    Kirim Komentar


    jogjastreamers

    SWARAGAMA 101.7 FM

    SWARAGAMA 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    GCD 98,6 FM

    GCD 98,6 FM

    Radio GCD 98,6 FM


    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    GERONIMO 106,1 FM

    GERONIMO 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    ARGOSOSRO FM 93,2

    ARGOSOSRO FM 93,2

    Argososro 93,2 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini