Seni & Budaya

Komunitas Seni Gayam 16 Gelar Presentasi Gamelan Warga Negara Perancis

Oleh : Rahman / Jumat, 11 Januari 2019 12:46
Komunitas Seni Gayam 16 Gelar Presentasi Gamelan Warga Negara Perancis
Presentasi Workshop Gamelan Warga Perancis di Studio Seni Banjar Mili Gamping Sleman,(9/1),Gudeg.net/Rahman

Gudeg.net- Komunitas Seni Gayam 16 bekerjasama dengan sejumlah warga negara Perancis yang tergabung dalam Leda Atomica Musique Marseille menggelar Presentasi Workshop Gamelan ke-13 di Studio Banjar Mili Gamping Sleman,(9/1)lalu.

Presentasi ini dilaksanakan sebagai bentuk uji tampil setelah mereka menjalani workshop seni karawitan gamelan selama kurang lebih sepuluh hari di Rumah Budaya Komunitas Gayam 18 Jalan Mantrigwen Lor Yogyakarta.

Koordinator Presentasi Gamelan Leda Atomica Musique Marseille Putri Raharjo mengatakan bahwa peserta yang turut pada presentasi ini adalah para musisi di negaranya yaitu Perancis.

"Mereka adalah para musisi dan seniman di negaranya, ada musisi musik jazz dan ada juga memang pemain gamelan serta aktor," ujarnya.

Dalam uji tampil ini para peserta menampilkan lebih dari 12 buah komposisi gamelan tradisional dan kontemporer secara individu maupun berkolaborasi dengan para pemain-pemain gamelan yang berasal dari Komunitas Gayam 16 sendiri.

Pimpinan Leda Atomica Musique Marseille Alex Grillo menuturkan bahwa mereka sangat senang dapat belajar gamelan bersama Komunitas Gayam 16.

"Kami merasa senang dapat mengkuti workshop seni gamelan dan kami harap para penonton dapat menikmati apa yang akan kami suguhkan," ujarnya saat memberi sambutan.

Para peserta presentasi ini tidak hanya menampilkan kesenian gamelan, mereka juga mempersembahkan penampilan drama atau fragmen dengan judul Sayembara Drupadi yang mengadopsi dari Kisah Mahabarata.

Pada penampilan fragmen tersebut beberapa peserta berperan sebagai Punokawan seperti Petruk, Gareng, dan Semar. Mereka menghias diwajah agar mirip dengan tokoh yang mereka bawakan.

“Kami berterimakasih kepada Komunitas Gayam 16 yang sudah menerima kami untuk mengikuti Workshop Gamelan dan kami harap kerjasama ini dapat terus berjalan selamannya,” tutur Alex Grillo dalam pidato penutupan presentasi.

 

0 Komentar

    Kirim Komentar

    jogjastreamers

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    JogjaFamily 100,2 FM

    JogjaFamily 100,2 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    GCD 98,6 FM

    GCD 98,6 FM

    Radio GCD 98,6 FM


    JIZ 89,5 FM

    JIZ 89,5 FM

    Jiz 89,5 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini