Seni & Budaya

Cara 10 Seniman Lukis Berbagi Kepada Sesama

Oleh : Rahman / Selasa, 27 Agustus 2019 18:16
Cara 10 Seniman Lukis Berbagi Kepada Sesama
Seniman lukis mengikuti Demo Lukis Untuk Berbagi Kepada Sesama di Taman Budaya Yogyakarta,(27/8)Gudeg.net/Rahman

Gudeg.net- Sejumlah seniman seni rupa lukisan berkumpul bersama dalam rangka menampilkan pertunjukan melukis secara langsung atau on the spot di Taman Budaya Yogyakarta (TBY), Rabu (27/8).

Acara yang diinisiasi oleh Edu Art Forum ini dikemas dengan tajuk Demo Lukis Untuk Berbagi Kepada Sesama yang melibatkan sekitar 10 seniman seni rupa lukis.

10 orang seniman seni rupa tersebut elukis secara langsung atau ditempat dengann kanvas yang telah disediakan oleh pihak panitia dan hasilnya akan dijual atau dilelang.

Penyelenggara Demo Lukis Edu Art Forum Mahyar Suryaman mengatakan, penyelenggaraan acara ini merupakan lanjutan dari sebuah perbincangan dengan Ibu Para Seniman Indonesia Mami Kartika Affandi.

“Ide ini muncul ketika pameran seni rupa karya Perupa Difabel di Gallery Omae Kartika, dengan maksud berbagi kebahagian kepada sesama dalam arti sebagai mahluk sosial,”  ujarnya.

Ia menambhakan, ide itu langsung diresppon oleh pelukis kondang Nasirun dengan diungkapkan dalam sebuah istilah Mengakbarkan Tuhan. Dengan maksud agar para seniman perupa dapat mensyukuri nikmat talenta yang diberika Tuhhan dengan cara berbagai dan bermanfaat bagi sesama.

Melukis dengan konsep langgsung ditempat atau on the spot ini merupakan perpaduan antara demo melukis dengan pengummpulan donasi hasil dari karya di jual. Sebuah lukisan akan dijual dengan sistem bagi hasil, dimana hasil dari penjualan akan didonasikan 50% kepada yang membutuhkan.

Lucia Astuti Seniman Lukis yang turut ambil bagian mengungkapkan, turut dalam kegiatan Demo Lukis ini merupakan kebahagiaan tersendiri baginya.

“Walaupun ini untuk donasi, kita semua melukis dengan sungguh-sunguh bukan asal lukis atau asal jadi. Karena hanya dengan melukis inilah yang dapat kami lakukan untuk berbagi pada sesama,” ungkapnya seusai melukis dengan tema Bunga.

Lucia berharap dengan adanya kegiatan ini dapat mendatangkan manfaat bagi masyarakat luas dan diharapkan juga para pecinta lukisan atau dermawan mau membeli hasil lukisan yang ia dan teman perupa lainnya kerjakan.

“Ini merupakan sarana berbagi  terhadap sesama dalam segala keterbatasan dan kelebihan yang kita miliki sebagai bentuk bersyukur atas nikmat pada Tuhan,” tegas seniman lukis wanita asal Solo itu.

Adapun seniman yang mengikuti Demo Lukis Untuk Berbagi Kepada Sesama ini diantaranya Lucia Astuti (Solo),  Sukoco Hayat (Yogyakarta), Teddy Suchyar (Bandung), dan lainnya.

Hasil dari penjualan atau lelang lukisan akan diserahan kepada Edu Art Forum untuk dapat disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan.

0 Komentar

    Kirim Komentar

    jogjastreamers

    SWARAGAMA 101.7 FM

    SWARAGAMA 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM



    GERONIMO 106,1 FM

    GERONIMO 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    SOLORADIO 92,9 FM

    SOLORADIO 92,9 FM

    Soloradio 92,9 FM SOLO


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini