Seni & Budaya

Sekaten Tahun Ini Tanpa Pasar Malam

Oleh : Rahman / Jumat, 04 Oktober 2019 08:00
Sekaten Tahun Ini Tanpa Pasar Malam
(ki-ka) Kanjeng Pangeran Haryo (KPH) Notonegoro dan Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Bendara pada saat Konferensi Pers Pameran Sekaten di Bale Raos Yogyakarta,(3/10)Gudeg.net/Rahman

Gudeg.net- Keraton Yogyakarta akan kembali menggelar Hajad Dalem Sekaten pada 1-9 November 2019. Untuk tahun ini Perayaan Sekaten dipastikan tanpa Pasar Malam yang biasanya digelar di Alun-alun Utara Keraton Yogyakarta.

Hal tersebut diungkapkan oleh Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Bendara pada saat menggelar konferensi pers Pameran Sekaten di Bale Raos Magangan Kompleks Keraton Yogyakarta, Kamis (3/10).

“Untuk tahun ini memang Pasar Malam Perayaan Sekaten ditiadakan, hal itu juga kami dengar dari pihak Pemerintah Kota Yogyakarta,” ujarnya.

GKR Bendara menjelaskan, untuk tahun ini Perayaan Sekaten adanya digelar Pameran Sekaten 2019 saja namun tetap dimulai dengan Miyos Gangsa dan Kondur Gangsa dan diakhiri dengan Garebeg Mulud.

“Tahun ini kita fokus pada rangkaian Perayaaan Sekaten dengan tematik yaitu seluruh hal yang berkaitan dengan Sri Sultan Hamengkubuwono I sebagai pendiri dari Karaton Ngayogyakarta Hadinigrat,” jelas Bendara.

Sementara itu Penghageng Kawedanan Hageng Punakawan (KHP) Kridhamardawa, Kanjeng Pangeran Haryo (KPH) Notonegoro menuturkan, tidak digelarnya pasar malam pada tahun ini demi kelestarian Alun-alun Utara.

“Ini merupakan dawuh (ucapan) Ngarso Ndalem, Alun-alaun Utara kalau setiap tahun ada Pasar Malam tidak akan bisa bagus, tanah dan rumputnya  akan rusak terus,” tuturnya sembari menambahkan, “Kita akan lihat tahun depan, kalau kondisi Alun-alun Utara tetap saja rusak, maka Pasar Malam kemungkinan akan kita pindah lokasi.”

Untuk Pameran Sekaten, Keraton Yogyakarta akan menggelar sejumlah catatan sejarah dan karya Sultan pertama dari Keraton Yogyakarta seperti biografi, karya, anugerah pahlawan, dan lain sebagainya. Ada dua buah manuskrip yang akan dipamerkan diataranya Kanjeng Kiai Tandhu Lawak dan Kanjeng Kiai Al-Quran.

“Ini belum pernah dipamerkan kepada publik sebelumnya. Setelah pameran ini mungkin kami tidak akan memamerkannya lagi untuk beberapa tahun ke depan,” ungkap GKR Bendara.

Pameran Sekaten ini berlangsung selama tanggal 1-9 November 2019 di Kagungan Dalem Bangsal Pagelaran dan Kagungan Dalem Kompleks Sitihinggil Keraton Yogyakarta.

Sebagai pembuka Pameran Sekaten 2019 akan ditampilkan juga sejumlah tarian seperti Beksan Guntur Segara, Beksan Jebeng, dan Beksan Tugu Wasesa.

Selain pameran akan ada juga beberapa agenda lain yang terjadwal dalam Pameran Sekaten 2019 adalah Tur Kuratorial, Pelatihan Seni, Lomba Karawitan, Pertunjukan, Perlombaan Seni, dan Diskusi Film Budaya.

0 Komentar

    Kirim Komentar

    jogjastreamers

    SWARAGAMA 101.7 FM

    SWARAGAMA 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JogjaFamily 100,9 FM



    ARGOSOSRO FM 93,2

    ARGOSOSRO FM 93,2

    Argososro 93,2 FM


    GERONIMO 106,1 FM

    GERONIMO 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini