Seni & Budaya

Ratusan Peserta Ikuti Parade Karnaval Budaya di Alun-alun Utara

Oleh : Rahman / Minggu, 20 Oktober 2019 13:00
Ratusan Peserta Ikuti Parade Karnaval Budaya di Alun-alun Utara
Ratusan peserta mengikuti Parade Karnaval Budaya di Alun-alun Utara Keraton Yogyakarta, Sabtu (19/10)Gudeg.net/Rahman

Gudeg.net- Ratusan peserta mengikuti Parade Karnaval Budaya dari sebuah acara yang bertajuk Festival Pesona Lokal Yogyakarta 2019 yang digelar di Alun-alun Utara Keraton Yogyakarta, Sabtu (19/10).

Karnaval budaya yang merupakan hasil kerjasama antara Kementerian Pariwisata (Pesona Indonesia) dengan Adira Finance ini diikuti oleh sekitar 700 peserta yang berasal dari sejumlah daerah di Yogyakarta dan Jawa Tengah.

Mereka tumpah ruah di sepanjang rute karnaval dari Alun-alun Utara memutar ke arah Jalan Ahmad Dahlan dengan menggunakan berbagai macam kostum serta atribut budaya dari daerah masing-masing.

Direktur Utama Adira Finance Hafid Hadeli mengatakan, Festival Pesona Lokal Yogyakarta 2019 menghadirkan berbagai ragam budaya dan kearifan lokal.

“Festival Pesona Lokal 2019 ini untuk pertama kalinya kami gelar di Yogyakarta dengan tujuan menampilkan kekayaan budaya dan kearifan lokal Daerah Istimewa Yogyakarta dan sekitarnya,” ujarnya.

Hafid menjelaskan, Festival Pesona Lokal Yogyakarta 2019 ini tidak hanya diisi dengan Parade Karnaval akan tetapi diisi juga dengan berbagai perlombaan dan hiburan untuk masyarakat. Tidak hanya masyarakat, ekosistem Adira Finance yang terdiri dari karyawan, dealer, agen, dan mitra bisnis, serta komunitas dan pelajar turut ambil bagian dalam memeriahkan Festival Pesona Lokal Yogyakarta ini.

“Ini merupakan salahsatu cara dari Adira Finance untuk dapat turut berpartisipasi dalam pengembangan serta melestarikan kebudayaan lokal Indonesia. Pesona budaya lokal harus tetap eksis ditengah-tengah perkembangan dunia yang semakin cepat ini,” jelasnya.

Hafid berharap dengan acara ini masyarakat yang hadir dapat merasakan Sensasi Pesona Lokal untuk semakin menumbuhkan rasa cinta terhadap budaya lokal dan juga turut berperan aktif serta mempromosikannya.

Kegiatan yang berlangsung dari pukul 14.00 WIB ini berhasil menarik sedikitnya 7500 pengunjung dan yang paling menarik adalah atraksi budaya Yogyakarta dan Jawa Tengah.

Dari pantauan GudegNet, yang paling mengundang decak kagum para pengunjung adalah penampilan dari Reog Ponorogo di tengah-tengah simpang Titik Nol KM.

Ada juga Lomba Tari Lokal Kontemporer yang diikuti sekitar 100 peserta, Lomba Desain Motif Khas Lokal Kontemporer pada media desain topeng kayu dengan jumlah 30 peserta, dan Kompetisi ala Selebgram Lokal yang bisa diikuti oleh seluruh pengunjung.

Puncak dari kegiatan Festival Pesona Lokal Yogyakarta adalah penampilan dari sejumlah artis Ibukota seperti Langit Sore dan Penyanyi Dangdut Siti Badriah.

Pemenang Lomba Karnaval Budaya, Lomba Tari Kontemporer dan Lomba Desain Motif Khas Lokal Kontemporer akan mendapatkan sejumlah dana pembinaan dengan jumlah berbeda sesuai kategori masing-masing.

0 Komentar

    Kirim Komentar

    jogjastreamers

    SWARAGAMA 101.7 FM

    SWARAGAMA 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    GERONIMO 106,1 FM

    GERONIMO 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM



    SOLORADIO 92,9 FM

    SOLORADIO 92,9 FM

    Soloradio 92,9 FM SOLO


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini