Tips Hari Ini

Mendapatkan Jaringan Internet Maksimal Saat WFH

Oleh : Trida Ch Dachriza / Selasa, 19 Mei 2020 19:21
Mendapatkan Jaringan Internet Maksimal Saat WFH
Tangkapan layar Valens Riyadi dan Adyatma Yoga dari Citraweb Solusi Teknologi saat diskusi live di kanal Youtube Mikrotik ID, Selasa (19/5)-Gudegnet/Trida

Gudeg.net—Pandemi Covid-19 membuat banyak perusahaan terpaksa membuat karyawannya bekerja dari rumah, atau lebih dikenal dengan istilah work from home.

Keadaan ini memunculkan isu jaringan untuk di rumah agar pekerjaan tidak terhalangi permasalahan koneksi.

Berikut tips dari Valens Riyadi, Direktur Utama PT Citraweb Solusi Teknologi dan Adyatma Yoga, Training and Support Officer Mikrotik ID.

Telepon genggam yang diluncurkan dalam kurun waktu lima tahun belakangan sudah bisa dipakai untuk men-tether atau menambat jaringan ke perangkat laptop.

Hal ini sangat memudahkan karyawan atau siapapun yang membutuhkan koneksi internet untuk pekerjaannya. Menambat pun dapat dilakukan via bluetooth atau kabel USB (Universal Serial Bus).

Namun tentu saja tidak semua karyawan membutuhkan internet hanya sekadar untuk bertukar surat elektronik. Banyak pula yang membutuhkan video conference dan bertukar file yang cukup besar. Pada akhirnya, isu kuota pun muncul.

Untuk mengatasi masalah kuota, opsi terbaik yang bisa dipilih adalah menggunakan internet berlangganan dengan kuota unlimited. Layanan pemasangan di rumah pun kini sudah mudah didapat.

Namun karena banyak yang memilih opsi ini, problem baru muncul, antri pemasangan. Pelanggan harus menunggu untuk memasang jaringan wireless maupun fiber optic ke rumahnya.

Saat sambungan wireless fidelity atau WiFi telah tersambung, terkadang kita menemukan bahwa ternyata sinyal tidak stabil. Hal ini dapat diatasi dengan kabel LAN. Modem FTTH (Fiber to the Home) sudah memiliki port ethernet, jadi kabel dapat langsung dicolokkan.

Jika user berada di wilayah yang tidak mendapat sinyal yang baik (tapi bukan tidak mendapat sinyal sama sekali), misalnya karena tertutup gunung, user dapat memilih untuk memakai router yang dapat menangkap sinyal LTE (Long-Term Evolution).

Tidak bisa hanya mengandalkan modem, karena antena modem tidak terlalu besar. Router ini disebut sebagai 4G Router atau LTE Router. Mikrotik memiliki perangkat semacam ini sepertti; seri SXT LTE, LHG LTE, wAP LTE, dan ada pula LtAP untuk mobil.

“Perangkat ini digunakan untuk memperkuat sinyal. Jadi sinyal jadi lebih baik,” jelas Valens.

Selain itu juga, ada produk Teltonika RUT955 yang menarik untuk pelaku WFH. Perangkat ini memiliki dua slot simcard, bisa dipakai untuk WiFI, memiliki empat slot ethernet, dan antenanya dapat dipasang di luar rumah.

0 Komentar

    Kirim Komentar

    jogjastreamers


    SWARAGAMA 101.7 FM

    SWARAGAMA 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    MBS 92,7 FM

    MBS 92,7 FM

    MBS 92,7 FM


    UNISI 104,5 FM

    UNISI 104,5 FM

    Unisi 104,5 FM


    RIA FM 98,8

    RIA FM 98,8

    Ria 98,8 FM Surakarta


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini