Pariwisata

Taman Pintar Bersiap Menerima Wisatawan dengan Konsep New Normal

Oleh : Rahman / Rabu, 17 Juni 2020 16:46
Taman Pintar Bersiap Menerima Wisatawan dengan Konsep New Normal
Objek Wisata Taman Pintar Kota Yogyakarta (2019)Gudeg.net/Rahman

Gudeg.net- Taman Pintar sebagai salah salah satu objek wisata edukasi kini sedang bersiap untuk menerima kunjungan wisatawan dengan konsep tatanan kenormalan baru atau New Normal.

“Kami saat ini sedang mempersiapkan tatanan normal baru dengan layanan yang lebih adaptif dan mengedepankan protokol Cleanliness, Health and Safety (CHS),” ujar Kepala Bidang Pengelolaan Taman Pintar Afia Rosdiana saat menggelar simulasi di Taman Pintar, Rabu (17/6).

Pencanangan era tatanan kehidupan baru atau New Normal terus digaungkan oleh sejumlah tempat objek wisata di Yogyakarta, termasuk Taman Pintar.

Afia menjelaskan, berbagai persiapan telah dilakukan oleh Taman Pintar, mulai dari penyiapan SOP (standard operating procedure), simulasi layanan sesuai protokol kesehatan dan lainnya.

“Untuk sistem pembelian dan pembayaran tiket akan kami lakukan dengan cara digital, sedangkan untuk sarana prasarana dalam menjalankan protokol kesehatan juga telah siapkan sesuai dengan arahan pemerintah,” jelasnya.

Menurut Afia, akan ada enam pintu pemeriksaan yang dijaga oleh petugas saat masuk ke dalam area Taman Pintar dan semuanya telah disimulasikan.

“Kami telah mensimulasikan enam titik pemeriksaan sebanyak tiga kali dan di sana nantinya akan diberlakukan Physical Distancing agar tidak terjadi kerumunan pengunjung serta imbauan pemakaian masker,” tuturnya.

Taman Pintar juga akan melakukan pengecekan suhu tubuh bagi pengunjung dengan thermo gun, arahan mencuci tangan, pemakaian hand sanitizer serta pembatasan jarak.

Sedangkan untuk pembelian tiket, Taman Pintar menggandeng Bank BPD DIY dalam bentuk kerja sama pengembangan sistem pembayaran digital (cashless).

Afia mengungkapkan, nantinya pengunjung tidak perlu melakukan pembayaran secara tunai namun dapat melalui T-Money BPD DIY.

“T-Money pembelian tiket ini sebenarnya telah kami lakukan sebelumnya namun untuk New Normal ini kami intensifkan kembali kerja samanya,” tuturnya.

Simulasi layanan sesuai protokol kesehatan bagi objek wisata ini nantinya akan dinilai oleh Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 DIY.

“Tim Gugus Tugas yang nantinya akan memberikan keputusan layak atau tidaknya Taman Pintar dibuka kembali untuk publik. Namun yang pasti, kami sudah mempersiapkan seluruhnya dan siap menerima kunjungan wisatawan di tengah pandemi ini,” ungkap Afia.

0 Komentar

    Kirim Komentar

    jogjastreamers

    SWARAGAMA 101.7 FM

    SWARAGAMA 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JogjaFamily 100,9 FM



    ARGOSOSRO FM 93,2

    ARGOSOSRO FM 93,2

    Argososro 93,2 FM


    GERONIMO 106,1 FM

    GERONIMO 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini