Hiburan

'Covid-19 dalam Lensa Jurnalis', Pameran Fotografi di FKY 2020

Oleh : Rahman / Kamis, 24 September 2020 15:01
'Covid-19 dalam Lensa Jurnalis', Pameran Fotografi di FKY 2020
Pengunjung mengamati sejumlah foto karya dari organisasi PFI Jogja pada pameran fotografi jurnalistik di Festival Kebudayaan Yogykarta (FKY) 2020 di Museum Sonobudoyo, Yogyakarta, Kamis (24/9)-Gudeg.net/Rahman

Gudeg.net- Puluhan karya foto jurnalistik dari organisasi Pewarta Foto Indonesia (PFI) Jogja terpajang di Museum Sonobudoyo, Gedung Eks KONI, Yogyakarta.

Pemeran fotografi yang merupakan bagian dari Festival Kebudayaan Yogyakarta (FKY) 2020 ini mengangkat tema "Covid-19 Dalam Lensa Jurnalis". 

Kurator pameran Ulet Ifansasti mengatakan, karya-karya yang dipamerkan adalah hasil bidikan kamera dari para pewarta foto Yogyakarta yang meliput perkembangan Covid-19 di DIY.

“Para jurnalis yang berpameran adalah mereka yang dalam kesehariannya selama pandemi meliput berita foto yang berhubungan dengan Covid-19 di DIY,” ujar Ulet Ifansasti Jurnalis Foto Kantor Berita Getty Images saat dikonfirmasi Gudegnet, Kamis (24/9).

Seluruh foto dalam pameran ini menampilkan rekaman gambar peristiwa-peristiwa menarik seputar Covid-19 DIY sepanjang bulan Maret hingga September 2020.

Pria yang akrab disapa Ifan itu menjelaskan, setiap foto yang dipamerkan PFI Jogja kali ini diambil dengan beragam sudut pengambilan gambar atau angle

“Awalnya yang masuk ke saya ada sekitar 300 foto dengan angle yang berbeda-beda dan hasil seleksi terakhir menjadi sekitar 100an foto terpilih. Jadi cukup sulit memilih foto yang memang layak kami tampilkan pada pameran ini,” jelasnya.

PFI Jogja merupakan sebuah organisasi pewarta atau wartawan foto yang bekerja pada perusahaan media maupun sebagai pekerja lepas atau freelance fotographer.

Karya-karya foto ini sengaja dihadirkan untuk menunjukan kepada masyarakat bahwa profesi pewarta foto sebagai salah satu garda terdepan. Namun dibalik itu mereka juga termasuk dalam kelompok rentan dalam pekerjaannya.

Bermodalkan pengetahuan penanggulangan resiko terpapar Covid-19, mereka (pewarta foto) tetap merekam berita gambar secara langsung dari dekat.

“Kami juga memiliki rasa takut dan khawatir, terlebih saat telah kembali ke rumah bertemu keluarga. Tetapi tetap kami jalani sebagai bentuk pertanggung jawaban pemberitaan kepada publik,” ungkap Ifan.

Sementara itu Dwi ‘Oblo’ Prasetyo Fotografer Freelance National Geographic menuturkan, pihak FKY memang secara khusus meminta PFI Jogja untuk ikut meramaikan gelaran kebudayaan tahunan tersebut.

“FKY memang meminta PFI Jogja untuk pameran karena PFI dianggap memliki foto-foto jurnalistik paling lengkap yang berkaitan dengan virus Corona mulai awal sampai sekarang,” tutur Dwi Oblo penghubung PFI Jogja dengan pihak FKY.

Oblo menambahkan, karya pemberitaan foto ini sengaja dihadirkan untuk menunjukkan bahwa keberadaan Covid-19 memang dan masih ada hingga saat ini.

“Mudah-mudahan dengan pameran kecil kami ini dapat mengedukasi masyarakat tentang bahaya Covid-19. Tetaplah menjaga protokol kesehatan, karena itu adalah kunci kita terhindar dari paparan virus mematikan ini,” tambahnya. 

Pameran fotografi jurnalistik ini akan berlangsung hingga FKY 2020 selesai dan dapat dinikmati secara online (daring) dan offline (luring).

0 Komentar

    Kirim Komentar

    jogjastreamers

    SWARAGAMA 101.7 FM

    SWARAGAMA 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    GCD 98,6 FM

    GCD 98,6 FM

    Radio GCD 98,6 FM


    GERONIMO 106,1 FM

    GERONIMO 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    BPPTKG

    BPPTKG

    Radio Kotaperak FM


    SOLORADIO 92,9 FM

    SOLORADIO 92,9 FM

    Soloradio 92,9 FM SOLO


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini