Seni & Budaya

Keroncong Plesiran 4.0 Hangatkan Puncak Becici

Oleh : Wirawan Kuncorojati / Jumat, 27 November 2020 23:00
Keroncong Plesiran 4.0 Hangatkan Puncak Becici
Penampilan Okky Kumala dalam Keroncong Plesiran, Pucak Becici, Dlingo, Bantul, Jumat (27/11) - Gudegnet/ Wirawan Kuncorojati

Gudegnet - Musik keroncong mengalun di Puncak Becici, Dlingo, Bantul, Yogyakarta dalam gelaran Keroncong Plesiran, Jumat (27/11) malam. Berbagai tembang populer dan kekinian dihadirkan dalam balutan musik keroncong.

Para penampil membawakan lagu-lagu yang dikenal luas. Beberapa lagu  yang dibawakan antara lain "Pupus" milik Dewa 19, "One Only" dari Pamungkas, hingga "Always" milik band asal Amerika Serikat, Bon Jovi.

Penampil yang memeriahkan gelaran ini antara lain Okky Kumala, Lia Magdalena, Nedi Benediktus,  Ardha Tatu, Paksi Raras Alit, dan Ipang Lazuardi.

Penampilan instrumental obo oleh Nedy Benediktus, membawa suasana berbeda. Membawakan lagu Indonesia Pusaka, para penonton tanpa dikomando menyanyikan lagu tersebut.

Selain lagu-lagu populer dan kekinian, gelaran yang diselenggarakan keempat kalinya ini juga menghadirkan lagi-lagu lama berbahasa Jawa lewat penampilan Paksi Raras Alit.

“Kalau tadi sudah ada lagu berbahasa Indonesia, berbahasa Inggris, Kita masuk ke ranah nguri-uri kabudayan,” kata Paksi sebelum melantunkan lagu “Doro Muluk” dan “Tanjung Perak”.

Penampilan Ipang Lazuardi menjadi pemuncak Keroncong Plesiran kali ini. Vokalis grup band BIP tersebut membawakan lagu-lagu andalannya seperti "Sahabat Kecil" dan "Ada yang Hilang".

Kepala Dinas Pariwisata DIY Singgih Raharjo, mengatakan, Keroncong Plesiran adalah event istimewa, yang digelar dengan protokol kesehatan sangat ketat. 

“Semoga menjadi contoh untuk penyelenggaraan event,” kata Singgih saat berbincang dengan pembawa acara. Ia menambahkan, dengan diselenggarakan secara hybrid, jangkauan acara ini menjadi lebih luas.

Singgih berharap, dengan jangkauan yang makin luas tersebut penyelenggaraan kali ini dapat menjadi  ajang promosi untuk penyelenggaraan tahun 2021. 
 
Keroncong Plesiran kali ini digelar secara daring dan luring. Acara ini selalu diselenggarakan di destinasi wisata. Sebelumnya, Keroncong Plesiran diselenggarakan di Hutan Pinus Mangunan, Tebing Breksi, dan Nglanggeran.

0 Komentar

    Kirim Komentar

    jogjastreamers

    SWARAGAMA 101.7 FM

    SWARAGAMA 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    SOLORADIO 92,9 FM

    SOLORADIO 92,9 FM

    Soloradio 92,9 FM SOLO


    MBS 92,7 FM

    MBS 92,7 FM

    MBS 92,7 FM



    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini