Seni & Budaya

Yuk Ikut, Perspektif Yogyakarta Gelar Pesta Gambar untuk Anak

Oleh : Wirawan Kuncorojati / Senin, 30 November 2020 11:30
Yuk Ikut, Perspektif Yogyakarta Gelar Pesta Gambar untuk Anak

Gudeg.net – Perspektif Yogyakarta mengadakan lomba bertajuk “Pesta gambar Kisah Anak-anak tentang Pandemi Covid-19”. Lomba ini diperuntukkan anak pra sekolah hingga kelas 6 SD, maupun siswa Sekolah Luar Biasa (SLB) di seluruh Indonesia.

Persepektif Yogyakarta sendiri merupakan kelompok yang peduli terhadap isu-isu disabilitas dan kemanusiaan. Kelompok tersebut memandang perlu diadakan kegiatan bagi anak-anak dengan memberi mereka aktivitas positif, yakni berkreasi seni rupa berupa menggambar, yang bisa dikerjakan dari rumah.

Karena sistem pendidikan secara daring, tak jarang anak-anak jenuh dan bosan. Setiap hari, mereka harus berada di dalam rumah, mengikutipelajaran bersama guru secara virtual melalui gadget.

Sejauh ini, dirasa masih jarang pihak yang memikirkan dampak psikologis anak selama berada di dalam rumah.

Sri Hartaning Sih, Ketua Perspektif, mengatakan, melalui acara ini diharapkan anak-anak dapat meluapkan rasa jenuh, kegusaran, impian, harapan, kesaksian dan sebagainya, melalui aktivitas menggambar.

“Dengan demikian, kegatan ini diupayakan bisa menjadi terapi bagi anak-anak yang memiliki dunia polos dan jujur,” ucapnya dalam keterangan tertulis yang diterima Gudegnet, beberapa waktu lalu.

Ia menambahkan, efek penguatan mental melalui art therapy diharapkan lahir dari kegiatan ini. Kegiatan bertajuk Pesta gambar Kisah Anak-anal tentang Pandemi Covid-19” ini diadakan secara virtual, untuk menerapkan protokol kesehatan.

Kategori peserta dibagi sebagai berikut:
a. Anak Pra Sekolah
b. Kelas 1-3 SD
c. Kelas 4-6 SD

Pendaftaran dibuka 25 November-15 Desember 2020, dengan biaya pendaftaran Rp 25.000. Seluruh peserta akan mendapat E-sertifikat, dan seluruh karya peserta akan dipamerkan secara virtual dan dibukukan. Pada setiap kategori akan ditetapkan tiga karya terpilih.

Hadiah untuk karya terpilih adalah uang pembinaan, piagam dan buku kumpulan karya peserta. Pemenang akan diumumkan 25 Desember 2020. Penjelasan teknis secara lengkap dapat dilihat di akun IG @PerspektifJogja dan FB Perspektif Yogyakarta.

 

 

 

0 Komentar

    Kirim Komentar

    jogjastreamers

    SWARAGAMA 101.7 FM

    SWARAGAMA 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    SOLORADIO 92,9 FM

    SOLORADIO 92,9 FM

    Soloradio 92,9 FM SOLO


    MBS 92,7 FM

    MBS 92,7 FM

    MBS 92,7 FM



    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini