Seni & Budaya

Seniman Yogyakarta Unjuk Gigi di Pentas Kawasan Secara Daring

Oleh : Rahman / Jumat, 16 April 2021 13:18
Seniman Yogyakarta Unjuk Gigi di Pentas Kawasan Secara Daring
(Tangkapan layar Youtube) Seniman Yu Beruk dan Den Baguse Ngraso saat tampil pada Pentas Kawasan 2021 di Kematren Mantrijeron, Yogyakarta, Jumat (16/4)-Gudeg.net/Rahman

Gudeg.net- Sejumlah seniman dan kelompok seni unjuk gigi pada pentas seni bertajuk Pentas Kawasan yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta secara virtual.

Tujuan dari pentas ini adalah memfasilitasi kreativitas para seniman yang tidak pernah surut walaupun dalam masa pandemi. Pentas kawasan diisi oleh seniman yang ada di tiap-tiap kemantren di wilayah Kota Yogyakarta.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta, Wahyu Hendratmoko mengatakan, pentas ini menjadi ruang kreatif bagi para seniman Yogyakarta.

“Kegiatan ini juga menjadi sinyal bahwa Kota Yogyakarta tetap bekerja keras menyiapkan destinasi dan industri pariwisata lewat kegiatan-kegiatan kesenian,” ujar Wahyu Hendratmoko pada keterangan tertulisnya yang diterima Gudegnet, Jumat (16/4).

Pentas Kawasan atau disebut juga Kemantren Festival diselenggarakan perdana pada Kamis (15/4) dengan mengangkat potensi pariwisata di Kemantren Mantrijeron yang terletak di bagian selatan wilayah Kota Yogyakarta.

Kematren Matrijeron kaya akan ragam seni dan budaya seperti produk-produk kerajinan batik, wayang, keris, blangkon, dan kuliner khasnya.

Pentas Kawasan Kemantren Mantrijeron ini dimeriahkan oleh Den Baguse Ngarso dan Yu Beruk. Selain itu ada juga kelompok seni Tarian Sintren dari Sanggar Kumbang Kencono, Tarian Gregeting Jogja dari Sanggar Sangger dan lainnya.

Wahyu menjelaskan, walaupun digelar secara virtual atau daring, tetapi seluruh pengisi acara seluruhnya tetap wajib menerapkan protokol kesehatan. 

“Kami ingin memberikan rasa aman dan nyaman bagi wisatawan saat Kota Yogyakarta kembali terbuka secara luas. Acara ini juga dapat menjadi alternatif tontonan baik bagi masyarakat Yogyakarta dan sekitarnya ataupun bagi seluruh masyarakat di Indonesia,” jelasnya.

Pentas seni ini akan membawa rasa rindu pada wisatawan untuk datang ke Kota Yogyakarta. Aktivitas pariwisata dan budaya di Kota Yogyakarta diharapkan tetap eksis, dan seniman pun masih terjaga untuk dapat mengekspresikannya secara virtual.

Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan semangat dan energi lebih untuk para seniman agar tidak bosan-bosannya memberikan yang terbaik bagi Kota Yogyakarta.

“Tetap bekerja keras dalam promosi destinasi dan potensi wisatanya sehingga siap untuk dikunjungi wisatawan baik domestik maupun mancanegara,” harapnya.

Pentas Kawasan atau Kematren Fest dapat disaksikan secara virtual lewat kanal Youtube Pemkot Yogyakarta dan Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta.

Setelah Kematren Matrijeron rencananya Dispar Kota Yogyakarta akan menampilkan kesenian dari kematren lainnnya. Untuk info lebih lanjut dapat mengakses media sosial instagram Dispar Kota Yogyakarta (@pariwisata.jogjakota).


0 Komentar

    Kirim Komentar


    jogjastreamers

    UNISI 104,5 FM

    UNISI 104,5 FM

    Unisi 104,5 FM


    SWARAGAMA 101.7 FM

    SWARAGAMA 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    BPPTKG

    BPPTKG

    Radio Kotaperak FM


    GERONIMO 106,1 FM

    GERONIMO 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    SOLORADIO 92,9 FM

    SOLORADIO 92,9 FM

    Soloradio 92,9 FM SOLO


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini