Seni & Budaya

Akhirnya, Bioskop Sonobudoyo Beroperasi Lagi!

Oleh : Trida Ch Dachriza / Kamis, 27 Mei 2021 13:00
Akhirnya, Bioskop Sonobudoyo Beroperasi Lagi!
Bioskop Sonobudoyo saat masih belum beroperasi kembali (23/5/2020)-Gudegnet/Trida

Gudeg.net—Setelah tutup beberapa saat karena pandemi, Bioskop Sonobudoyo akhirnya dibuka lagi untuk umum mulai Selasa (25/5).

Walaupun sudah kembali dibuka, protokol kesehatan yang dijalankan ketat. Terutama mengingat bioskop memiliki risiko tinggi dalam penularan virus.

“Bioskop sudah mulai kita buka. Sudah setahun tutup, coba kita buka. Soalnya saya lihat Titik Nol juga sudah mulai ramai,” ujar Setyawan Sahli, Kepala Museum Sonobudoyo saat berbincang dengan Gudegnet melalui telepon, Selasa (25/5).

Rencana awalnya, bioskop ini akan dibuka kembali untuk umum pada Juli 2020. Namun, karena kondisi, bioskop urung dibuka.

Jam operasional bisokop pukul 16.00-20.00 WIB, dengan pemutaran film setiap satu jam sekali, kecuali pukul 18.00 WIB. Durasi film pendek yang diputarkan pun cukup singkat, 15 menit saja.

Menurut Setyawan, memutar film yang lama biasanya tidak diminati oleh penonton yang biasanya pengunjung yang datang ke Malioboro atau Titik Nol untuk kongko atau berswafoto.

“Nggak laku kalau filmnya lama,” ujarnya lagi sambil tertawa.

Saat awal dibuka, film yang diputar masih berdurasi dua jam. Penonton pun bergantung pada banyaknya orang yang ada di sekitar bioskop. Kebanyakan orang bukan datang khusus untuk menonton.

Bioskop ini operasional sejak Juli 2019, bersamaan dengan pembukaan Festival Kebudayaan Yogyakarta (FKY).

Kita tidak perlu membayar untuk menonton film yang diputar di bioskop ini. Kita cukup mengikuti peraturan, seperti menerapkan protokol kesehatan, dan melepas alas kaki.

Awal buka, banyak masih tidak tahu tentang Bioskop ini, sehinga pengunjung pun cukup sepi. Setelah beberapa saat, pengunjung mulai memadati bioskop ini.

Setyawan menuturkan, bahwa ia tidak ingin museum Sonobudoyo menjadi sekadar museum saja.

Ia ingin Sonobudoyo memiliki spot-spot pendukung yang dapat menarik minat masyarakat, terutama anak muda.

“Saya ingin orang ke museum itu seperti ke mal. Dia (pengunjung) tidak hanya pengen beli kan, kadang ke mal untuk nonton bioskop, jajan makan, nonton pameran,” ujarnya lagi.

Sonobudoyo lalu mengambil gedung bekas pos polisi pariwisata di Jalan Pangurakan untuk dijadikan bioskop. Setelah melewati renovasi selama dua tahun, bioskop pun siap beroperasi.

Bisokop beroperasi hari Selasa hingga Minggu. Setiap Senin, bioskop libur. Bioskop berlokasi di Jalan Pangurakan No.4, Ngupasan, Gondomanan, Yogyakarta.


0 Komentar

    Kirim Komentar


    jogjastreamers

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    SWARAGAMA 101.7 FM

    SWARAGAMA 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    SOLORADIO 92,9 FM

    SOLORADIO 92,9 FM

    Soloradio 92,9 FM SOLO


    GERONIMO 106,1 FM

    GERONIMO 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    UNIMMA FM 87,60

    UNIMMA FM 87,60

    Radio Unimma 87,60 FM


    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini