Seni & Budaya

Pameran 'Teks Garis Bentuk' Suguhkan Karya Sketsa dan Drawing

Oleh : Wirawan Kuncorojati / Jumat, 18 Juni 2021 16:14
Pameran 'Teks Garis Bentuk' Suguhkan Karya Sketsa dan Drawing
Pameran "Teks Garis Bentuk", Galeri Lorong, 15 Juni-10 Juli 2021 - Gudegnet/ Wirawan K

Gudeg.net - Galeri Lorong menggelar pameran "Teks Garis Bentuk" pada 15 Juni-10 Juli 2021. Pameran ini memajang karya sketsa dari Mulyono dan karya-karya drawing dari Uji Handoko dan Vincentius Ola Lamapaha. Pameran ini dikurasi oleh Arham Rahman.

Masing-masing perupa menyajikan hal yang berbeda. Uji "Hahan" Handoko  misalnya, menampilkan karya drawing yang interaktif.  
Dalam teks kuratorial yang ditempel di dinding galeri dijelaskan, potongan-potongan gambar tersebut memungkinkan untuk dikomposisikan ulang oleh audiens, mengkreasikan bentuk visual yang mereka inginkan, dan memproyeksikannya melalui OHP.  

Lebih lanjut dijelaskan, Hahan mengajak audiens untuk mengenali metode kerja yang biasa dia lakukan ketika membuat karya lukisan, di mana drawing ditempatkan sebagai ide awal yang telah dipadatkan, diproyeksikan untuk kemudian diikuti bentuk atau polanya. Ia acap kali menambahkan objek atau figur yang diambil dari karya drawing-nya yang berbeda untuk disusun menjadi satu.

Moelyono menyuguhkan sketsa-sketsa yang telah direproduksi dan diperbesar skalanya. Sketsa-sketsa tersebut dibuat dalam rentang tahun 1990-an-2019. Dijelaskan, kebanyakan dari sketsa tesebut dibuat untuk kepentingan proyek seni/ pamerannya, sementara yang lain belum sempat diwujudkan menjadi karya. 

"Drawing Seri Gendong" Karya Vincentius Ola Lamapah

Sementara itu, Vincentius Ola Lamapaha menyuguhkan karya tentang budaya gendong. Ia memamerkan karya berseri tentang orang tua yang menggendong anaknya.

"Tidak semua hal yang direncanakan lewat sketsa sepenuhnya bisa direalisasikan. Seringkali ia hanya menjadi orat-oret, goresan-goresan ide yang tidak pernah diwujudkan. Baik itu untuk karya lukisan maupun karya instalasi dan pertunjukan. Namun dari goresan-goresan garis yang tidak terpakai itu juga lah kita bisa meraba bagaimana ide sebuah karya dibentuk dan dikembangkan oleh seorang seniman," terang Galeri Lorong dalam surel yang diterima Gudegnet, Minggu (13/6). 

Pameran ini dapat dikunjungi setiap Selasa-Sabtu pukul 11.00-17.00. Galeri Lorong beralamat di Jalan Nitiprayan, Dusun Jeblok RT 01, Dukuh 3, Tirtonirmolo, Kasihan, Bantul. 

0 Komentar

    Kirim Komentar

    jogjastreamers

    SWARAGAMA 101.7 FM

    SWARAGAMA 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    SOLORADIO 92,9 FM

    SOLORADIO 92,9 FM

    Soloradio 92,9 FM SOLO


    GERONIMO 106,1 FM

    GERONIMO 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    RAKOSA 105,3 FM

    RAKOSA 105,3 FM

    Rakosa 105,3 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini