Seni & Budaya

Disbud Sleman Gelar Kesenian 'Wayang Topeng Gondo Wasita'

Oleh : Wirawan Kuncorojati / Jumat, 18 Juni 2021 17:38
Disbud Sleman Gelar Kesenian 'Wayang Topeng Gondo Wasita'
Tangkapan layar Wayang Topeng Gondo Wasita, Kamis (17/6) - Youtube Dinas Kebudayaan Sleman

Gudeg.net - Dinas Kebudayaan Sleman menghadirkan pertunjukan budaya secara daring melalui kanal Youtube Dinas Kebudayaan Kabupaten Sleman. Kali ini pertunjukan yang ditayangkan Kamis (17/6) tersebut mengangkat kesenian Wayang Topeng Gondo Wasita. 

Kepala Dinas Kabupaten Sleman, Aji Wulantara dalam sambutan pembukaan, menyampaikan, pentas seni yang digelar di gedung kesenian ini diselenggarakan sebagai upaya untuk memberikan kesempatan kepada kelompok-kelompok seni yang berada di Kabupaten Sleman, dalam rangka menjaga eksistensi seni dan budaya di Kabupaten Sleman. 

Ia menambahkan, seperti diketahui bersama, dalam kondisi pandemi ini belum memungkinkan untuk pentas secara offline, sehingga para pencinta seni dan budaya, seniman, budayawan, kelompok-kelompok seni, dan sanggar-sanggar seni, masih harus mengekspresikan jiwa keseniannya melalui acara-acara yang bersifat online.

Dilansir dari kebudayaan.slemankab.go.id, ajang ini diharap dapat menjadi media beraktivitas seniman, mempertahankan eksistensi, serta menjaring potensi seniman. Acara ini juga diharap mendukung pembangunan karakter, khususnya pada generasi muda, serta meningkatkan 'handarbeni' terhadap budaya sendiri yang adilihung. Semakin meningkatnya internalisasi budaya di kalagan warga masyarakat akan menjadi benteng sekaligus filter yang kuat di era globalisasi.

Pentas kali ini menghadirkan penampilan wayang topeng dari Ngajeg, Tirtomartani, Kalasan Sleman. "Mari bersama-sama  kita saksikan pagelaran wayang topeng sore hari ini, dengan harapan wayang topeng ini tetap bisa dilestarikan, terjaga eksistensinya, kita cintai bersama sebagai warga Sleman, sebagai warga yang selalu menginginkan terwujudnya masyarakat Sleman yang berbudaya," kata Aji. 

0 Komentar

    Kirim Komentar

    jogjastreamers

    SWARAGAMA 101.7 FM

    SWARAGAMA 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    SOLORADIO 92,9 FM

    SOLORADIO 92,9 FM

    Soloradio 92,9 FM SOLO


    GERONIMO 106,1 FM

    GERONIMO 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    RAKOSA 105,3 FM

    RAKOSA 105,3 FM

    Rakosa 105,3 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini