Tips Hari Ini

Tips Memanfaatkan Cuka untuk Membersihkan Barang Rumah Tangga

Oleh : Wirawan Kuncorojati / Selasa, 21 September 2021 11:06
Tips Memanfaatkan Cuka untuk Membersihkan Barang Rumah Tangga
pexels.com

Seperti halnya soda kue, cuka telah lama menjadi favorit untuk membersihkan rumah. Simak tips memanfaatkan cuka berikut untuk membersihkan rumah berikut, seperti dilansir oleh bobvila.com.

  • Menghapus noda krayon

Anak yang masih kecil terkadang mencoretkan krayon di dinding. Kita bisa membersihkannya dengan menggunakan cuka. Gunakan sikat gigi dengan seperempat hingga 1 cangkir cuka putih, bersihkan denagn gerakan melingkar untuk memecah wax, lalu bersihkan dengan lembut.

  • Membersihkan pancuran

Bagian head pancuran yang tersumbat selain tidak sedap dipandang juga mengurangi tekanan air yang keluar. Untuk mengatasinya, isi mangkuk berukuran sedang denga cuka dan air mendidih dengan perbandingan 1:1, lalu rendam kepala pancuran salam larutan selama 10 menit. Penumpukan mineral akan mengendur, setelah itu kita bisa membersihkannya dengan sikat.

  • Membersihkan kulkas

Jika lemari es berbau, mungkin hal tersebut muncul dari sisa makanan yang tertinggal. Untuk menghilangkan bau, coba bersihkan dengan cuka. Kosongkan lemari es, campurkan dua bagian air dengan satu bagian cuka dalam botol semprot, lalu semprotkan ke seluruh bagian. Biarkan larutan selama 20 menit sebelum menyeka dengan kain mikrofiber. Ulangi jika perlu.

  • Membersihkan microwave

Untuk membersihkan microwave, tempatkan mangkuk berisi air dan cuka dengan perbandingan yang sama, masukkan ke dala mirowave selama 5-10 menit. Masukkan tusuk gigi ke dalam larutan sebelum menekan 'mulai'. Benda kayu akan enarik gelembung yang terbentuk pada cairan mendidih sehingga tidak cepat naik ke permukaan dan meluap.

  • Menyingkirkan bau kotak kotoran.

Kotak kotoran kucing tentunya perlu dibersihkan. Kosongkan kotak pasir, isi dengan setengah inci cuka selama 20 menit, bilas dengan air dingin. 

  • Membersihkan kerak teh pada ketel

Kebiasaan minum teh yang konsisten akan meninggalkan lapisan kerak. Isi setengahnya dengan air dingin dan cuka putih dengan perbandingan yang sama, nyalakan kompor di bawah ketel untuk mendidihkan larutan. 
Setelah air mendidih, matikan api dan biarkan larutan cuka dan air di dalam ketel selama 30 menit hingga satu jam. Setelah itu, kosongkan ketel dan bilas bagian dalamnya dengan air dingin, dan bersihkan dengan kain bersih dan lembap. 

  


0 Komentar

    Kirim Komentar


    jogjastreamers

    SOLORADIO 92,9 FM

    SOLORADIO 92,9 FM

    Soloradio 92,9 FM SOLO


    SWARAGAMA 101.7 FM

    SWARAGAMA 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    GERONIMO 106,1 FM

    GERONIMO 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    GCD 98,6 FM

    GCD 98,6 FM

    Radio GCD 98,6 FM


    ARGOSOSRO FM 93,2

    ARGOSOSRO FM 93,2

    Argososro 93,2 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini