Seni & Budaya

Yogyakarta Komik Weeks 2021, Bukti Komikus Tetap Berkarya di Tengah Pandemi

Oleh : Rahman / Rabu, 13 Oktober 2021 13:18
Yogyakarta Komik Weeks 2021, Bukti Komikus Tetap Berkarya di Tengah Pandemi
Pengunjung mengamati salah satu karya yang dipajang pada Pemeran Yogyakarta Komik Weeks 2021 di Gedung Pameran Temporer Museum Sonobudoyo, Rabu (13/10)-Gudeg.net/Rahman

Gudeg.net- Pameran Yogyakarta Komik Weeks 2021 kembali digelar di Gedung Pameran Temporer Museum Sonobudoyo, Jalan Pangurakan No.6, Ngupasan, Kemantren Gondomanan, Kota Yogyakarta.

Komik Weeks tahun ini mengangkat tema Kreasi Adaptasi dan mulai berlangsung dari tanggal 8 hingga 17 Oktober 2021.

Ketua Panitia Pameran Komik Weeks 2021 Yuda Sandi Wijaya Sakti mengatakan, gelaran tahun ini merupakan pembuktian eksistensi para komikus menghadapi situasi pandemi Covid-19.

“Pameran ini merupakan bukti komik masih terus eksis dan para kreator komik atau komikus tetap berkarya meskipun diterpa pandemi,” ujar Yuda Sandi Wijaya Sakti saat ditemui di lokasi pameran, Rabu (13/10).

Komik Weeks kali ini menghadirkan 30 karya yang merupakan hasil dari penjurian lomba komik Kukuruyug #7 secara daring yang diikuti oleh 126 pelajar SMA/SMK sederajat se-DIY.

Selain itu dihadirkan juga sejumlah karya dari para komikus ternama Indonesia seperti Ganes Thiar Santosa (Ganes TH) dan Teguh Santosa.

Yuda menjelaskan, banyak karya-karya tercipta dari situasi yang serba sulit ini dan itu dibuktikan oleh para komikus muda berbakat yang mengikuti lomba Kukuruuyug#7 tahun ini.

“Mereka juga akhirnya harus beradaptasi. Kehidupan sosial yang serba terbatas ini justru tidak membatasi ruang imajinasi mereka, pandemi malah menjadi ide-ide baru mereka dalam menciptakan sebuah komik,” jelasnya.

 “Ya, kita memang sedang dipaksa beradaptasi dengan kondisi namun esensi dalam berkarya tidak akan pudar karena sejatinya manusia-manusia kreatif tidak akan berhenti berkarya, apapun kondisinya,” tambah dia.

Komik Weeks Kreasi Adaptasi kali ini juga merupakan kelanjutan dari Komik Weeks tahun lalu Dipendam Pandemi yang cukup sukses.

Sementara itu, Kurator Pameran Tera Bajraghosa mengungkapkan, sempat mengalami kendala dalam memilih karya-karya yang akan dipamerkan.

Bagian tersulit menurutnya, menentukan inti dari sebuah karya komik yang biasanya dalam bentuk buku lalu dipangkas ke bagian inti yang mudah dipahami para penonton pameran.

“Komik kan biasanya berbentuk buku, nah menentukan bagian inti dari komik itulah yang cukup sulit. Kami akhirnya berembug dengan komikusnya, dan mereka yang menetukan inti dari karya mereka yang akan dipajang,” tuturnya.

Selain memamerkan komik, perhelatan ini juga menyuguhkan sejumlah kegiatan lainnya, seperti seminar komik, bincang komik, akustikomik dan pementas drama komikal.

Untuk dapat mengunjungi pameran dapat mendaftarkan diri melalui G-Form Yogyakarta Komik Weeks di laman https://linktr.ee/YKW2021 dan tunggu konfirmasi tentang jadwal kunjungan oleh pihak panitia.


0 Komentar

    Kirim Komentar


    jogjastreamers

    SWARAGAMA 101.7 FM

    SWARAGAMA 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    SOLORADIO 92,9 FM

    SOLORADIO 92,9 FM

    Soloradio 92,9 FM SOLO


    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    GERONIMO 106,1 FM

    GERONIMO 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    RAKOSA 105,3 FM

    RAKOSA 105,3 FM

    Rakosa 105,3 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini