Tips Hari Ini

Tips Membersihkan Microwave dengan Lemon

Oleh : Wirawan Kuncorojati / Minggu, 16 Januari 2022 20:00

Untuk membersihkan microwave, kita dapat menggunakan lemon dan soda kue. Berikut langkah-langkahnya. 

1. Buat larutan pembersih

Tuangkan satu cangkir air ke dalam mangkuk tahan panas microwave atau cangkir besar. Iris satu lemon dan tambahkan ke cangkir.

2. Buat uap

Masukkan campuran air dan lemon ke dalam microwave. Atur suhu sehingga air mendidih cukup lama untuk menghasilkan uap yang melapisi bagian dalam mircowave.

3. Biarkan uap bekerja

Setelah bagian dalam microwave dilapisi uap, jangan buka pintunya setidaknya lima menit. Uap akan melunakkan dan melonggarkan semua potongan makanan yang berceceran.

4. Keluarkan larutan

Setelah sekitar lima menit, buka microwave, keluarkan mangkuk berisi campuran air dan irisan lemon. Keluarkan semua komponen sehingga pembersihkan interior menjadi lebih mudah.

5. Bersihkan kotoran

Celupkan spons dapur bersih atau kain microfiber ke dalam larutan air lemon, peras sebagian besar airnya. Gunakan spons basah untuk menyeka bagian samping, atas, dan bawah bagian dalam microwave. Bilas spons sesering mungkin. 

Jika partikel makanan membandel, celupkan spons atau kain basah ke dalam sedikit soda kue kering. Soda kue akan melonggarkan makanan. Jika partikel bergeming, basahi spons melamin dan gosok perlahan. Seka area tersebut dengan spons basah yang kering untuk menyelesaikannya. 

6. Bersihkan bagian pintu

Gunakan air lemon yang sama untuk membersihkan bagian dalam pintu microwave. Jangan lupa bersihkan juga karet paking di sekitar pintu untuk menjaga segel rapat.

Jika bagian dalam pintu paking terasa berminyak, tambahkan satu sendok teh cairan pencuci piring ke dalam satu cangkir air panas. 

Celupkan spons ke dalam larutan dan bersihkan pintu. Bilas spons, lap lagi untuk menghilangkan sisa sabun. 

Bagian luar pintu juga dapat dibersihkan dengan larutan lemon dan air. Jangan lupa perhatikan juga panel kontrol dan bagian gagang, gunakan mikrofiber kering untuk membersihkannya. 

7. Bersihkan turntable

Isi wastafel atau bak besar dengan air hangat dan beberapa tetes cairan pencuci piring untuk mencuci komponen turntable. Gunakan spons untuk melonggarkan partikel makanan, lalu bilas hingga bersih. Keringkan dengan kain mikrofiber bebas serat, pasang kembali dalam microwave.

Sumber: The Spruce


0 Komentar

    Kirim Komentar


    jogjastreamers

    SWARAGAMA 101.7 FM

    SWARAGAMA 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    SOLORADIO 92,9 FM

    SOLORADIO 92,9 FM

    Soloradio 92,9 FM SOLO


    GERONIMO 106,1 FM

    GERONIMO 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    ARGOSOSRO FM 93,2

    ARGOSOSRO FM 93,2

    Argososro 93,2 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini