Tips Hari Ini

Tips Membersihkan Dapur

Oleh : Wirawan Kuncorojati / Selasa, 15 Februari 2022 20:43
Tips Membersihkan Dapur
Pexels

Gudeg.net - Dapur dapat menjadi kotor dengan cepat. Karena berfungsi untuk menyimpan dan menyiapkan makanan dengan aman, sangat penting untuk menjaga kebersihannya. Perlu diingat, penting untuk menjaga jadwal pembersihan dengan konsisten untuk diri sendiri dan keluarga. Berikut tips untuk membersihkan dapur, dari bagian atas ke bawah.

Lampu
Dengan membersihkan mulai dari atas turun ke bawah, semua debu dan puing-puing jatuh. Ketika selesai, kita dapat mengepel lantai untuk menghilangkan debu dari lampu atau lemari.
Membersihkan lampu gantung dapat dilakukan dengan kain mikrofiber dan cuka. Perlu diingat, sebelum membersihkan lampu, pastikan sudah dimatikan dan bohlamnya dingin. Untuk menjangkaunya, gunakan tangga, bukan kursi dapur atau perabot lain. 

Kabinet dapur
Bersihkan debu dari bagian atas dengan kain mikrofiber, berikutnya turun ke bagian pintu. Untuk membersihkan lemak, sidik jari atau noda kita dapat menggunakan produk pembersih dan kain mikrofiber. Sebaiknya hindari produk pembersih abrasif yang dapat merusak lapisan kabinet. 
Beri perhatian khusus pada kabinet di dekat kompor, oven dan microwave, karena mungkin ada percikan makanan di atasnya. Gunakan sikat gigi untuk memebrsihkan bagian sudut dan celah. 

Countertops
Untuk membersihkan countertops atau meja dapur yang terbuat dari batu alam, gunakan sabun cuci piring ringan, air dan kain mikrofiber. Untuk kotoran yang menempel, gunakan pisau cukur dengan hati-hati lalu bersihkan seperti biasa

Tempat cuci piring
Kita dapat menggunakan sedikit baking soda, diamkan selama satu atau dua menit, lalu gosok. 

Kompor
Membersihkan bagian atas kompor sangat penting, karena cipratan makanan mengandung bakteri dan dapat menyebabkan penumpukan lemak. 
Bakteri, terutama dari daging ayam mentah, atau makanan laut dapat menyebabkan keracunan makanan. 
Untuk membersihkan bagian atas kompor bergantung pada jenis kompor. Secara umum kita dapat menggunakan air hangat dengan beberapa tetes sabun cuci piring dan kain mikrofiber. 

Kulkas
Agendakan untuk membersihkan bagian luar lemari es setiap minggu untuk menyeka noda dan sidik jari, terutama pada gagang dan area sekitarnya. Gunakan air dan sabun cuci piring yang dilap dengan handuk mikrofiber.
Sementara untuk bagian dalam, bersihkan sekali sebulan dengan membuang semua makanan yang sudah kadaluwarsa, lalu mengelap rak dan laci. 

Lantai
Langkah pertama, sapu lantai atau gunakan penyedot debu untuk membersihkan lantai. Jangan lupa bersihkan juga bagian bawah oven dan lemari es. 
Untuk membersihkan bagian nat, siapkan pasta kental soda kue dan air, dan gunakan kain mikrofiber. 

sumber: rd.com


0 Komentar

    Kirim Komentar


    jogjastreamers

    SWARAGAMA 101.7 FM

    SWARAGAMA 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    SOLORADIO 92,9 FM

    SOLORADIO 92,9 FM

    Soloradio 92,9 FM SOLO


    GERONIMO 106,1 FM

    GERONIMO 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM



    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini