Tips Hari Ini

Tips Membersihkan Kulkas

Oleh : Wirawan Kuncorojati / Senin, 28 Maret 2022 16:00

Gudeg.net - Terkadang kita mengisi kulkas hingga penuh dan melupakan sisa makanan. Lakukan langkah-langkah permbersihan ini, supaya kulkas tetap bersih dan bebas bau. 

Sortir makanan
Hal pertama yang bisa kita lakukan adalah membuang makanan lama atau kedaluwarsa. Pindahkan makanan yang masih bagus.

Lepas rak dan laci
Keluarkan semua laci dan rak yang bisa dilepas. Laci  dan rak yang terbuat dari logam atau plastik dapat langsung dicuci dengan air panas dan sabun cuci piring. Untuk kaca dan keramik, biarkan hingga mencapai suhu ruang sebelum mencuci dengan air panas untuk mencegah retak dan pecah. 

Bersihkan bagian dalam 
Gunakan kain bersih dengan air panas dan sabun cuci piring. Mulailah dari atas ke bawah untuk mencegah tetesan tidak jatuh pada permukaan uang sudah bersih.

Untuk noda tumpahan yang membandel, mungkin kita perlu menggunakan penggosok plastik non-abrasif. Bisa juga dengan meletakkan kain basah di atas area tumpahan selama beberapa menit sehingga tumpahan  menjadi lebih mudah dibersihkan.  

Ketika membersihkan kulkas, bilas lap secara menyeluruh atau gunakan beberapa lap untuk memastikan kebersihannya. Perhatikan juga celah-celah bawah dan bagian belakang kulkas. Kemudian, berisihkan bagian pintu. 

Keringkan bagian dalam kulkas
Bersihkan bagian dalam dengan kain atau handuk kering bersih, untuk memastikannya benar-benar kering. Jangan lupa keringkan juga bagian pintu. 

Masukkan makanan kembali ke kulkas
Masukkan kembali makanan ke dalam lemari es. Sekarang juga saat yang tepat untuk membersihkan stoples atau wadah makanan, seperti stoples jelly yang lengket atau tutup saus salad yang berkerak. Setetelah itu, keringkan juga secara menyeluruh. Kemudian, jangan lupa bersihkan freezer.

Bersihkan Bagian Luarnya
Mulai dari atas, usap dan bersihkan bagian luar lemari es menggunakan air panas/hangat dan sabun cuci piring.

Jika Anda memiliki lemari es stainless steel, kita bisa menggunakan lap lembut dan cuka atau pembersih jendela untuk menjaga permukaannya tetap mengkilap. 

Jangan lupa untuk membersihkan karet seal di sekitar tepi pintu menggunakan sabun cuci piring dan air hangat. Kotoran dan kotoran dapat terkumpul di sana dan menyebabkan segel retak. Sebaiknya, kita membersihkan kulkas sebulan sekali. 

 

sumber: The Spruce


0 Komentar

    Kirim Komentar


    jogjastreamers

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    SWARAGAMA 101.7 FM

    SWARAGAMA 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    SOLORADIO 92,9 FM

    SOLORADIO 92,9 FM

    Soloradio 92,9 FM SOLO


    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    GERONIMO 106,1 FM

    GERONIMO 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    JIZ 89,5 FM

    JIZ 89,5 FM

    Jiz 89,5 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini