Tips Hari Ini

Benda-benda di Rumah yang Perlu Dibersihkan Setiap Bulan

Oleh : Wirawan Kuncorojati / Selasa, 05 April 2022 20:30

Gudeg.net - Supaya rumah tetap bersih, sebaiknya kita menyusun jadwal untuk bersih-bersih. Pembersihan bulanan mencakup benda-benda yang sering terlupakan, seperti  berikut ini. Jika suatu benda masih terasa sangat kotor, kita dapat menambahkannya ke pembersihan mingguan atau dua mingguan. 

Kipas angin gantung
Jika kipas angin gantung lama tak dibersihkan, mungkin akan nampak banyak debu dan kotoran yang menempel. Bersihkan kipas angin gantung setidaknya sebulan sekali supaya tetap terlihat bagus, berfungsi dengan baik, dan mencegah debu bertebaran di udara. 

Lampu
Bersihkan lampu setiap bulan supaya tidak kusam dan berdebu. Lepaskan bola lampu, seka dengan kain. Jika bebas dari debu, tentunya cahaya akan lebih terang. 

Ventilasi
Debu dapat menumpuk di sekitar ventilasi. Bersihkan setiap bulan supaya debu tidak masuk ke kamar. Bersihkan juga dinding di dekatnya. 

Dinding
Bersihkan dinding untuk menghilangkan bekas krayon, goresan furnitur, debu, atau cipratan.  

Jendela
Tirai dan gorden mungkin perlu dibersihkan, dicuci setiap bulan supaya tak berdebu. Jika ada, perhatikan instruksi perawatan sebelum mulai membersihkan. 

Furnitur
Selain permbersihan harian dan mingguan, pembersihan debu yang lebih intensif perlu dilakukan setiap bulan. Saatnya untuk menjangkau ke bagian belakang furnitur, kusen jendela, hingga sudut-sudut tersembunyi.

Jendela
Pembersihan bulanan untuk jendela mencakup membersihkan kaca dan mengelap kusen jendela. Gunakan pembersih kaca untuk menghilangkan goresan dan noda di jendela. 

Karpet
Periksa karpet dan bersihkan noda. Jika sudah lama tidak dibersihkan, pertimbangkan juga untuk mencucinya. 

Filter AC
Bersihkan filter AC setiap bulan supaya tetap bekerja maksimal. 

Beberapa peralatan 
Setidaknya selama sebulan sekali, bersihkan peralatan seperti oven, lemari es dan freezer, dan microwave supaya tetap bekerja dengan baik.

Bersihkan sisa-sisa kue dari oven. Keluarkan isi lemari es dan freezer dan bersihkan secara menyeluruh, sortir makanan, lalu letakkan soda kue untuk membantu mengendalikan bau tak sedap. Jangan lupa gosok bagian dalam dan luar microwave.

 

sumber: The Spruce


0 Komentar

    Kirim Komentar


    jogjastreamers

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    SWARAGAMA 101.7 FM

    SWARAGAMA 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    SOLORADIO 92,9 FM

    SOLORADIO 92,9 FM

    Soloradio 92,9 FM SOLO


    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    GERONIMO 106,1 FM

    GERONIMO 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    UNISI 104,5 FM

    UNISI 104,5 FM

    Unisi 104,5 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini