Berita

Sleman Gelar Pameran Virtual Kendi Sembada dan Pasar Lebaran

Oleh : Wirawan Kuncorojati / Kamis, 14 April 2022 20:35

Gudeg.net - Pemerintah Kabupaten Sleman menggelar pameran virtual Kendi Sembada dan Pasar Lebaran 2022. 

Acara bertema "Bangga Berlebaran dengan Borong Bareng Produk Sleman" ini diselengarakan secara offline dan virtual. Acara offline diselenggarakan 14-17 April 2022, bertempat di atrium Hartono Mall, Yogyakarta. Sementara pameran virtual berlangsung mulai tanggal yang sama sampai tiga bulan mendatang. 

"Pelaksanaan secara virtual melalui portal www.kendisembada.com yang dapat diakses baik melalui PC/ Smartphone," kata Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, Haris Martapa, Rabu (13/4).

Ia melanjutkan, pameran secara offline diikuti oleh 70 partisipan dari UMKM dan koperasi, sedangkan pameran secara virtual diikuti oleh 116 pertisipan dari UMKM dan koperasi dengan berbagai kategori. 

Kategori partisipan yakni sebagai berikut: kuliner siap saji, kuliner non-siap saji, fashion/ batik/ lurik, craft/ kerajinan/ accesories, flora/ tanaman hias, jasa dan koperasi. 

"Produk-produk unggulan dari pelaku UMKM dan Koperasi di Kabupaten Sleman juga akan turut ditampilkan dalam kegiatan tersebut, yaitu di antaranya berbagai macam olahan buah salak, kerajinan atau craft yang terbuat dari kayu, kain, dan kulit, serta produk jasa," kata Haris. 

Tak ketinggalan, beberapa produk unik dari UMKM di Kabupaten Sleman seperti Giriwangi yang menghasilkan essential oil, Omo Healthy Snack yang menyajikan snack sehat, dan berbagai macam produk dari Koperasi.

Di atrium Hartono Mall, dibuka juga fasilitas pojok konsultasi yang dapat dimanfaatkan oleh UMKM maupun masyarakat umum, di antaranya Pojok Konsultasi oleh Pusat Layanan Usaya Terpadi (PLUT-KUMKM Sleman), Rumah Kreatif Sleman, BPJS Ketenagakerajaan, Bank BPD-DIY. Ada juga pojok konsultasi perpajakan.

Untuk menyemarakkan kegiatan offline, diadakan sejumlah lomba seperti Sleman smart campaign (14 April 2022), lomba tari kreasi Nusantara (17 April 2022), lomba stand up comedy (16 April 2022), lomba menyanyi: Suara Talenta Sembada (15 April 2022), lomba melukis caping (16 April 2022), hingga lomba membuat hampers lebaran bagi UMKM.  

Informasi seputar kegiatan ini dapat diakses melalui laman Instagram akun resmi Dinas Koperasi, UKM Kabupaten Sleman @dinkopukmsleman.

Haris mengatakan, acara ini diadakan dalam upaya meningkatkan kesejahteraan pelaku usaha di Kabupaten Sleman. "Pada momen menyambut Hari Raya Idul Fitri biasanya harga kebutuhan pokok di pasaran melonjak, sehingga perlu upaya dari pemerintah untuk membantu masyarakat dengan memunculkan produk lokal berkualitas dengan harga terjangkau," katanya. 

 


0 Komentar

    Kirim Komentar


    jogjastreamers

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    SWARAGAMA 101.7 FM

    SWARAGAMA 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    SOLORADIO 92,9 FM

    SOLORADIO 92,9 FM

    Soloradio 92,9 FM SOLO


    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    GERONIMO 106,1 FM

    GERONIMO 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    JIZ 89,5 FM

    JIZ 89,5 FM

    Jiz 89,5 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini