Berita

Kenalkan Produk UMKM, Pameran The Lokstop Hadirkan Fesyen hingga Kerajinan

Oleh : Wirawan Kuncorojati / Kamis, 19 Mei 2022 12:30

Gudeg.net - Pemkot Yogyakarta melalui Dinas Perindustrian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) mengadakan pameran produk oleh-oleh khas Yogyakarta. Mengusung tema The Lokstop Oleh-oleh Jogja Memang Top, acara ini digelar pada 18-23 Mei 2022 di Galeria Mall.

Pameran ini diharap dapat mengenalkan beragam produk Usaha Mikro Kecil menengah (UMKM) di Yogyakarta yang bisa menjadi oleh-oleh bagi wisatawan. 

"Tujuan utamanya untuk menonjolkan, menyiapkan dan menjawab para wisatawan yang datang ke Yogya mencari oleh-oleh khas Yogyakarta," kata  Kepala Dinas Perindustrian Koperasi dan UKM Kota Yogyakarta Tri Karyadi Riyanto, dilansir oleh laman warta.jogjakota.go.id, Rabu (18/5).

Produk yang dipamerkan yakni fesyen seperti batik, shibori, jumputan, ecoprint, dan kerajinan serta kuliner, berasal dari 14 kemantren di Kota Yogakarta. Menurut Tri Karyadi, peserta pameran ini telah melalui kurasi, dari 187 UMKM menjadi 32 UMKM.

Kota Yogyakarta sebagai kota wisata, lanjuntnya, harus mempunyai oleh-oleh khas yang bisa dibawa oleh wisatawan. Ia mengatakan, untuk fesyen ada batik, shibori, jumputan, ecoprint yang punya ciri khas sendiri-sendiri. Terdapat pula craft yang mendukung fesyen seperti tas.

"Terkait kuliner, yang kami tekankan yang Yogya banget dan mengeksplorasi potensi-potensi lokal di Yogya," terangnya. 
Menurutnya, selama ini kebanyakan masyarakat mengenal produk oleh-oleh khas Yogyakarta adalah gudeg dan bakpia. Untuk itu, melalui pameran tersebut dikenalkan beragam produk UMKM khas Yogyakarta yang bisa dijadikan oleh-oleh.

Ia mencontohkan, masyarakat Danurejan menanam jambu dan diolah menjadi produk serta dibranding dengan baik. Sementara itu, Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi mengatakan, beberapa pameran produk UMKM yang diadakan Pemkot Yogyakarta merupakan upaya pemulihan sosial dan ekonomi. 

"Ini adalah bagian upaya kita menggerakkan ekonomi. Terutama kita ingin mengenalkan brand-brand yang ada di Kota Yogyakarta, yang selama ini sudah kita kenal sebagai bagian dari cinderamata atau oleh-oleh yang harus dibawa ketika ke Yogyakarta," kata Heroe.


0 Komentar

    Kirim Komentar


    jogjastreamers

    SWARAGAMA 101.7 FM

    SWARAGAMA 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    GERONIMO 106,1 FM

    GERONIMO 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    GCD 98,6 FM

    GCD 98,6 FM

    Radio GCD 98,6 FM


    ARGOSOSRO FM 93,2

    ARGOSOSRO FM 93,2

    Argososro 93,2 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini