Seni & Budaya

30 IKM Kain Meriahkan Pameran 'Seloka'

Oleh : Wirawan Kuncorojati / Kamis, 12 Mei 2022 14:00
30 IKM Kain Meriahkan Pameran 'Seloka'
Pembukaan pameran Seloka, Rabu (11/5) - warta.jogjakota.go.id

Gudeg.net - Pameran Seni Lokal Kain Kita (Seloka) digelar di Galeria Mall pada 11-16 Mei 2022. Pameran yang diadakan Disperinkop UKM Kota Yogyakarta ini melibatkan 30 Industri Kecil Menengah.

Pembukaan yang digelar Rabu (11/5) dimeriahkan pertunjukan kombinasi seni tari tradisional dan modern, musik, serta peragaan busana batik karya desainer lokal Yogyakarta. 

Kepala Disperinkop UMK Kota Yogyakarta, Tri Karyadi Riyanto menyampaikan, penyelenggaraan pameran Seloka merupakan bagian dari rangkaian program pendampingan IKM Kain di wilayah Yogyakarta, mulai dari sebelum, saat, dan setelah pameran. 

Hal tersebut, lanjutnya, bertujuan agar dalam jangka panjang para pelaku IKM mampu beradaptasi, bertahan, dan terus berkembang.

Ia mengatakan, sebelum pameran, telah dilakukan pendampingan pada 30 IKM kain, berkaitan dengan branding, pemasaran, manajemen usaha, dan kini memanfaatkan pameran untuk marketing. 

"Setelah pameran juga asih ada evaluasi, semacam rapor untuk menilai tiap IKM yang terlibat," katanya sebagaimana dikutip laman warta.jogjakota.go.id, Kamis (13/5).

Sementara itu Ketua Dekranasda Kota Yogyakarta Tri Kirana Muslidatun mengatakan, kain yang diproduksi para pelaku IKM makin kreatif, mulai dari batik shibori, jumputan, lurik, dan ecoprint, memiliki desain yang semakin kaya dan variatif. 

"Dari segi desain dan warna sudah sangat beragam, setelah itu yang perlu dikembangkan lagi adalah packaging atau kemasan akhirnya supaya lebih menarik. Kemudian, strategi penjualannya tidak hanya dilakukan secara offline, tapi juga masuk kepemasaran digital," katanya. 

Heroe Poerwadi yang juga hadir dalam pembukaan menyampaikan, potensi IKM kerajinan kain di Kota Yogyakrata untuk peningkatan ekonomi sangat besar, terlebih melihat permintaan pasar di bidang fesyen yang kian bertambah. 

Ia berharap, pameran ini tak sekadar menjadi media untuk berjualan, namun juga sebagai media belajar dalam mengembangkan usaha, serta membangun kerja sama serta networking. 


0 Komentar

    Kirim Komentar


    jogjastreamers

    SWARAGAMA 101.7 FM

    SWARAGAMA 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    GERONIMO 106,1 FM

    GERONIMO 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    GCD 98,6 FM

    GCD 98,6 FM

    Radio GCD 98,6 FM


    ARGOSOSRO FM 93,2

    ARGOSOSRO FM 93,2

    Argososro 93,2 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini