Seni & Budaya

Delapan Perupa Filipina Kunjungi Studio Seni di Yogyakarta

Oleh : Moh. Jauhar al-Hakimi / Jumat, 24 Maret 2023 16:15
Delapan Perupa Filipina Kunjungi Studio Seni di Yogyakarta
Kunjungan seniman-perupa Filipina di studio milik perupa Pupuk DP (kaos kuning), Rabu (22/3) siang. (Foto : Moh. Jauhar al-Hakimi)

Gudeg.net – Delapan perupa asal Filipina diantaranya Ingrid Aimee Lopez Peñaflor, Elvin Vitor, Fe Madrid Pepito melakukan kunjungan ke beberapa studio seni di Yogyakarta. Kedelapan perupa tersebut merupakan bagian dari 13 seniman Filipina yang sedang berpameran di Limanjawi art house, Magelang.

“Setelah pembukaan pada Minggu (19/3) siang, delapan perupa Filipina masih tinggal beberapa hari dan melakukan kunjungan di beberapa studio/galeri/museum seni di Magelang dan sekitarnya. Hari ini rencananya akan ke Jogja National Museum, RuangDalam art house, kalau waktunya mencukupi nanti mampir juga ke Museum Sonobudoyo.” jelas pemilik Limanjawi art houes Umar Chusaeni kepada Gudeg.net saat mendampingi di studio perupa Pupuk DP, Rabu (22/3) siang.

Umar menambahkan pameran yang digelar saat ini mengangkat tajuk ‘Expression’ melibatkan 26 seniman dari dua negara yakni Filipina dan Indonesia sebagai upaya menjembatani dan komunikasi budaya dalam ranah seni rupa kedua negara.

Strategisnya komunikasi budaya antarnegara, Kedutaan Besar Filipina untuk Indonesia memerlukan menggandeng Limanjawi art house dan the Filipinas Institute For The Advancement Of Arts And Culture Inc. (FilArts) untuk menjembataninya.

“Dengan mengunjungi ke beberapa studio-muesum seni diharapkan bisa saling sharing (berbagi) dan semoga pada masa-masa mendatang bisa terjalin kerjasama yang berkelanjutan.” imbuh Umar.

Kepada Gudeg.net, perupa Pupuk DP yang siang itu mendapat kunjungan menjelaskan bahwa dua studionya di Sidoarum, Godean Sleman dan R.S.V.P house di Dusun Janturan Desa Tirtoadi, Mlati-Sleman selalu terbuka untuk kunjungan.

“Beberapa dosen dari Jurusan Seni Rupa UNY kerap membawa mahasiswanya untuk kuliah lapangan di dua studio tersebut. Selagi waktunya bisa pas dan saya tidak sedang ada acara ke luar kota, studio selalu terbuka. Berbagi pengalaman tentunya dalam bahasa saya sebagai seniman yang bisa jadi tidak terlalu akademis.” jelas Pupuk, Rabu (22/3) siang.

Pameran ‘Expression, Indonesia Filipina Visual Art Exhibition 2023’ sendiri berlangsung di Limanjawi art house Tingal Kulon, Wanurejo, Borobudur- Magelang, hingga 31 Maret 2023.


0 Komentar

    Kirim Komentar


    jogjastreamers

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    UNIMMA FM 87,60

    UNIMMA FM 87,60

    Radio Unimma 87,60 FM


    SWARAGAMA 101.7 FM

    SWARAGAMA 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    SOLORADIO 92,9 FM

    SOLORADIO 92,9 FM

    Soloradio 92,9 FM SOLO


    JIZ 89,5 FM

    JIZ 89,5 FM

    Jiz 89,5 FM


    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini